4 Keutamaan Surat Al-Fath dan Khasiatnya

Minggu, 26 Juni 2022 - 22:17 WIB
loading...
4 Keutamaan Surat Al-Fath dan Khasiatnya
Surat Al-Fath merupakan surat yang disukai Rasulullah SAW melebihi seluruh apa yang disinari oleh matahari. Foto/Ist
A A A
Surat Al-Fath (kemenangan) merupakan surat ke-48 dalam Al-Qur'an terdiri atas 29 ayat. Surat ini termasuk golongan surat-surat Madaniyyah, diturunkan sesudah Surat Al-Jum'ah.

Surat ini memiliki keutamaan dan khasiat yang luar biasa. Dinamakan Al-Fath (kemenangan) diambil dari perkataan Fat-han yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

اِنَّا فَتَحۡنَا لَكَ فَتۡحًا مُّبِيۡنًا

Innaa fatahnaa laka Fatham Mubiinaa

Artinya: "Sungguh, Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata." (QS Al-Fath Ayat 1)

Sebagian besar dari ayat-ayat surat ini menerangkan hal-hal yang berkaitan dengan kemenangan yang dicapai Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam (SAW) dalam peran melawan kaum musyrikin Mekkah. Rasulullah sangat gembira dengan turunnya ayat pertama surat ini.

Kegembiraan ini dinyatakan dalam Hadis yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari. "Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku satu surat, yang surat itu benar-benar lebih aku cintai dari seluruh apa yang disinari matahari."

Maksud kemenangan dari kata "Fath" dalam ayat ini adalah penaklukan Mekkah. Riwayat lain menyebutkan bahwa Surah Al-Fath diturunkan pada satu tempat yang terletak antara Mekkah dan Madinah, setelah terjadi Perdamaian Hudaibiyyah.

Keutamaan dan Khasiat

1. Surat yang Disukai Rasulullah SAW
Al-Habib Muhammad bin 'Ali Khirid Al-Husaini at-Tarimi (wafat 960 H) menukil salah satu riwayat yang menyebutkan keutamaan membaca Surat Al-Fath di awal bulan Ramadhan. Dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda: "Telah diturunkan kepadaku semalam akan satu surah yang surah tersebut lebih kusukai daripada segala apa yang terbit matahari atasnya (yakni dunia dan segala isinya), dan disukai agar ia dibaca pada awal malam bulan Ramadhan. Maka kalian bacakan dan ajarkanlah ia kepada anak-anak kalian, insya Allah mereka tidak akan ditimpa malapetaka."

2. Dipelihara dari Marabahaya dan Diluaskan Rezeki
Syaikh Hussin Qadri Martapura dalam karyanya berjudul "Shilahul Mukmin" mengatakan, "Barangsiapa membaca Surat Al-Fath tiga kali pada malam permulaan bulan Ramadhan, insya Allah terpelihara ia di dalam setahun itu dari marabahaya dan diluaskanlah rezekinya."

3. Dikumpulkan Bersama Orang-orang yang Mati Syahid
Dalam Kitab khawasul Qur'an disebutkan, "Apabila kita membaca Surat Fath secara rutin setiap hari, kelak akan dikumpulkan bersama orang-orang yang mati syahid, dan Allah membukakan pintu kebaikan/kegembiraan, baik urusan dunia maupun urusan akhirat."

4. Mendapat Pahala Orang yang Berbaiat kepada Nabi
"Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Fath) , maka Allah akan mencatatnya seperti pahala orang yang berbaiat kepada Nabi di bawah pohon dan memegang teguh baiatnya itu, serta seperti pahala orang yang menyertai Nabi dalam hari Fathul Makkah. Barangsiapa yang membacanya, dan meletakkannya di bawah kepalanya, maka ia akan terlindungi dari pencuri. Dan barangsiapa yang menulisnya di dalam lembaran kertas, maka perkataannya akan didengar oleh orang-orang. Tiada yang terucap darinya, kecuali akan diterima dan dipercaya." (Tafsirul Burhan, Juz 7: 227)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2434 seconds (0.1#10.140)