Keutamaan Membaca Yasin dan Al-Kahfi Sekaligus di Malam Jumat

Kamis, 30 Juni 2022 - 21:36 WIB
loading...
Keutamaan Membaca Yasin dan Al-Kahfi Sekaligus di Malam Jumat
Keutamaan membaca Yasin dan Al-Kahfi sekaligus di malam Jumat sangat istimewa. Foto/Ist
A A A
Keutamaan membaca Yasin dan Al-Kahfi sekaligus di malam Jumat penting untuk diketahui. Dua surat ini memiliki fadhillah besar apabila dibaca pada malam Jumat.

Sebagaimana diketahui, Jumat adalah hari paling agung yang disebut Sayyidul Ayyam (penghulu semua hari). Imam As-Syafi'i dan Imam Ahmad meriwayatkan Hadis dari Sa'ad bin 'Ubadah: "Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat."

"Kemudian di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali shilaturrahim. Hari Kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya Kiamat saat hari Jumat".

Itulah keistimewaan Jumat dibanding hari lainnya sehingga umat muslim diperintahkan menghidupkan ibadah pada hari tersebut. Di antara amalan yang dianjurkan pada hari atau malam Jumat adalah memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad shallalllahu 'alaihi wasallam.

Selain bersholawat, terdapat anjuran untuk membaca Surat Al-Kahfi dan Surat Yasin pada hari Jumat. Tidak dipungkiri, kedua surat ini masing-masing punya keistimewaan. Berikut keutamaan membaca Yasin dan Al-Kahfi sekaligus pada malam Jumat.

من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat, maka dia akan diterangi cahaya selama di antara dua Jumat". (HR. Al Hakim, 2/399, Al Baihaqi, 3/249. Shahih. Lihat Shahihul Jaami' No 6470)

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ

Artinya: "Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi saat malam Jumat, dipancarkan cahaya untuknya sejauh pada dianya serta Baitul 'Atiq." (Sunan Ad-Darimi 3273. Juga diriwayatkan oleh al-Nasai dan Al-Hakim)

Bahkan dalam Hadis Marfu dari Sayyidina 'Ali radhiyallahu 'anhu: "Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka ia terpelihara hingga delapan hari dari tiap-tiap fitnah dan jika Dajjal keluar, maka ia terpelihara darinya."

Adapun keutamaan membaca surat Yasin diterangkan dalam beberapa riwayat. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ يس فِيْ لَيْلَةٍ اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ

Artinya: "Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah maka diampuni dosa-dosanya." (HR At Thabroni/145, 418 dan Al-Baihaqi/2360, 2361 dari Abu Huroiroh, Ad Darimi/3478 dari Hasan, Disahihkan oleh Ibnu Hibban/2626)

Dalam Tafsir Ibnu Katsir, 6/497 disebutkan:

مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مغفورا له، ومن قرأ حم التي يذكر فيها الدخان أصبح مغفور له

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surat Yasin di malam hari, maka pagi harinya dia diampuni..." (HR Abu Ya'la No 2467). Ibnu Katsir berkata: isnadnya Jayyid (bagus).

Bagiyang membaca Yasin dan Surat Al-Kahfi sekaligus di malam Jumat maka ia akan mendapat banyak keistimewaaan. Di antaranya, dosa-dosanya diampuni hingga pagi hari. Kemudian ia akan diterangi cahaya selama di antara dua Jumat dan dipelihara dari fitnah Dajjal.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)