Kumpulan Artikel: Keutamaan Jumat

  • Jumat Pertama Bulan Syawal, Perbanyak Doa dan Selawat di Waktu Mustajab
    Hikmah
    Jum'at, 12 April 2024 - 05:15 WIB
    Hari ini (12/4) merupakan hari Jumat pertama di bulan Syawal, dan dianjurkan buat kaum muslim agar dijadikan momentum untuk memperbanyak doa dan selawat.
  • Hadis tentang Fadilah Hari Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 11:07 WIB
    Syaikh Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijri dalam Ringkasan Fiqih Islam Bab: Fiqih Al-Quran dan Sunnah (IslamHouse, 2012) menyampaikan beberapa hadis tentang fadilah hari Jumat berikut ini.
  • Amalan Jumat Istimewa bagi Muslimah, Sayang Jika Dilewatkan
    Muslimah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 05:44 WIB
    Seorang muslimah hendaknya meningkatkan ibadah di hari Jumat melebihi dari hari biasanya. Seperti meningkatkan jumlah rakaat salat sunnah, memperbanyak sedekah atau membaca Al-Quran.
  • 5 Alasan Mengapa Kita Dianjurkan Perbanyak Sholawat di Hari Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Desember 2023 - 05:10 WIB
    Membaca Sholawat di Hari Jumat atau malamnya merupakan amalan sunnah yang paling utama. Mengapa umat Islam dianjurkan memperbanyak Sholawat pada Hari Jumat? Berikut alasannya.
  • Sunah Berpakaian Terbaik di Hari Jumat, Yuk Amalkan!
    Tausyiah
    Jum'at, 13 Oktober 2023 - 08:25 WIB
    Salah satu sunah yang dianjurkan di hari Jumat adalah memakai pakaian terbaik dan membersihkan diri, terutama ketika hendak melaksanakan salat Jumat. Amalan ringan tersebut juga berlaku bagi kaum perempuan muslimah yang sayang untuk dilewatkan.
  • Jarang Diketahui, Ini Keutamaan Jual Beli Setelah Sholat Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 08 September 2023 - 21:37 WIB
    Setelah sholat Jumat ditunaikan, kaum mukmin diizinkan oleh Allah untuk melakukan jual beli. Ternyata di dalamnya terdapat hikmah dan keutamaan.
  • Khotbah Jumat: Keutamaan Hari Jumat dan Amalan Mustajab
    Tausyiah
    Jum'at, 01 September 2023 - 05:10 WIB
    Khotbah Jumat kali ini mengangkat tema tentang keutamaan Hari Jumat dan amalan mustajab. Hari ini bertepatan dengan Jumat 15 Shafar 1445 Hijriyah atau 1 September 2023.
  • 7 Amalan Khusus yang Dianjurkan di Hari Jumat Beserta Faedahnya
    Tips
    Jum'at, 11 Agustus 2023 - 08:48 WIB
    Dalam Islam, hari Jumat juga disebut penghulunya hari (Sayyidul Ayyam). Ada 7 amalan memiliki faedah besar yang bila diamalkan di hari istimewa tersebut.
  • Berpakaian Terbaik di Hari Jumat, Pahalanya Luar Biasa
    Hikmah
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 10:11 WIB
    Salah satu amalan ringan penuh dengan pahala di hari Jumat adalah memakai pakaian terbaik dan membersihkan diri, terutama ketika hendak melaksanakan salat Jumat. Amalan ringan tersebut juga berlaku bagi kaum perempuan muslimah yang sayang untuk dilewatkan.
  • Niat Salat Qobliyah Jumat 2 Rakaat, Begini Bacaannya
    Tips
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 10:35 WIB
    Salat sunnah sebelum salat Jumat yang disepakati ulama adalah salat tahiyatul masjid atau salat mutlak atau juga salat sebelum (qobliyah) Jumat. Dikerjakan dalam 2 rakaat dan waktunya selesai saat khatib naik mimbar.
  • 12 Hal Penting tentang Hari Jumat, Seorang Muslim Wajib Mengetahuinya
    Hikmah
    Kamis, 22 Juni 2023 - 22:12 WIB
    Di antara bulan-bulan Qomariah ada 4 bulan yang sangat istimewa (disebut juga bulan haram), begitu juga dengan hari. Di antara beberapa hari mulai dari senin hingga ahad, maka ada satu hari yang paling istimewa yakni hari Jumat.
  • Amalan-amalan Sunnah di Hari Jumat untuk Muslimah, Yuk Amalkan!
    Muslimah
    Jum'at, 25 November 2022 - 07:42 WIB
    Karena keistimewaan dan kemuliaannya, banyak amalan yang bisa dilakukan pada hari Jumat ini. Amalan tersebut sudah pasti akan memberikan banyak pahala bagi muslim tak terkecuali bagi muslimah yang sayang jika dilewatkan
  • Meninggal Hari Jumat Selamat dari Siksa Kubur, Bagaimana Jika Pendosa?
    Tips
    Jum'at, 18 November 2022 - 13:17 WIB
    Sabda Nabi SAW menginformasikan bagi kita bahwa orang yang meninggal pada malam atau siang hari Jumat termasuk salah satu tanda husnul khatimah atau berakhir baik.
  • Ini Alasan Mengapa Hari Jumat Diagungkan dalam Islam
    Dunia Islam
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 21:56 WIB
    Mengapa Hari Jumat begitu diagungkan dalam Islam? Apa sebenarnya alasan yang menjadikan hari tersebut lebih istimewa dari hari lainnya. Yuk simak penjelasan berikut.
  • 7 Rahasia Mengapa Jumat Begitu Istimewa dalam Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 05:10 WIB
    Mengapa hari Jumat begitu istimewa bagi Islam? Sebagian orang mungkin ada yang bertanya seperti itu. Keistimewaan Jumat tentu bukan tanpa alasan. Simak ulasannya berikut.
  • Keutamaan Berdoa di Pengujung Jumat, Ini Bocoran Waktunya dari Syaikh Ali Jaber
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 15:47 WIB
    Keutamaan berdoa di pengujung Jumat merupakan waktu mustajab semua hajat dikabulkan Allah Taala. Berikut bocoran waktunya menurut Syaikh Ali Jaber.
  • Dasar Hukum Larangan Jual Beli di Hari Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 13:42 WIB
    Dalam al-Quran surat Al-Jumuah ayat 9 disebutkan bahwa Allah melarang jual beli di hari Jumat. Hanya saja, ulama menafsirkan bahwa larangan ini ada waktunya.
  • Inilah Keistimewaan Hari Jumat Bagi Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 17:52 WIB
    Seorang muslimah hendaknya meningkatkan ibadah di hari Jumat melebihi dari hari biasanya. Seperti meningkatkan jumlah rakaat sholat sunnah, memperbanyak sedekah, membaca Al-Quran dan lainnya.
  • Surat Al-Quran yang Disunnahkan Dibaca Saat Salat Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 18:47 WIB
    Surat Al-Quran yang disunnahkan dibaca saat salat Jumat adalah surat Al-Jumuah dan Surat Al-Kafirun. Dua surat ini tidak terlalu panjang sehingga mudah dihafalkan.
  • Buya Ahmad Syafii Maarif Wafat Hari Jumat, Ini Keutamaannya
    Dunia Islam
    Jum'at, 27 Mei 2022 - 16:35 WIB
    Kepergian Buya Syafii Maarif tentu menyisakan duka mendalam bagi keluarga. Beliau meninggal dunia pada Jumat (27/5/2022), hari yang paling mulia dan penuh berkah.