Lempar Jumrah, Menag ke Jamaah Haji: Tetap Jaga Stamina

Minggu, 10 Juli 2022 - 03:07 WIB
loading...
Lempar Jumrah, Menag ke Jamaah Haji: Tetap Jaga Stamina
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melakukan lempar jumrah aqabah di Jamarat, Mina, Sabtu waktu Arab Saudi (WAS). Foto: MCH
A A A
MINA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melakukan lempar jumrah aqabah di Jamarat, Mina, Sabtu waktu Arab Saudi (WAS). Menag telah melakukan pemanasan sebentar sebelum memulai jalan kaki untuk melempar jumrah.

“(Persiapannya) tadi badan harus disehatin. Minum vitamin, stretching (pemanasan) dulu tadi. Karena jalannya cukup jauh nih. Ke jamarat kurang lebih 1,5 km kemudian menuju Mina kurang lebih ke 3,5 km. Jadi kurang lebih 5 km lah,” kata Gus Men sapaan akrabnya di Jamarat, Mina, Sabtu (9/7/2022).

Gus Men meminta seluruh jamaah haji Indonesia tetap menjaga kesehatan bagi yang kemarin usai menjalankan ibadah wukuf dan hari ini mulai melakukan lempar jumrah.



“Pertama, jamaah harus jaga stamina, jangan lakukan kegiatan yang tidak diperlukan,” ujarnya.

Selain itu, jamaah juga diminta tetap mengikuti arahan petugas dan pembimbing haji.

“Jangan ambil inisiatif-inisiatif sendiri. Ikuti saja. Karena di Mina ini puncak kebutuhan fisik, jamaah sangat membutuhkan kekuatan fisik. Saya harap jamaah tetap jaga stamina dan ikuti pembimbing ibadah,” katanya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)