Pohon Mirip Zaqqum, Makanan Ahli Neraka Tumbuh di Arab Saudi?

loading...
Pohon Mirip Zaqqum, Makanan Ahli Neraka Tumbuh di Arab Saudi?
Ilustrasi pohon mirip Zaqqum, salah satu makanan bagi ahli neraka. Mayangnya seperti kepala-kepala setan yang mengerikan. Foto/dok Channel El Asyi Media
Bagi yang sering membaca Al-Qur'an pasti tak asing dengan kata "Zaqqum" (زَقُّومٍ). Sebuah pohon di neraka yang diperuntukkan bagi ahli neraka.

Beberapa waktu lalu pohon Zaqqum ini sempat viral karena disebut-sebut tumbuh di Arab Saudi. Zaqqum artinya pohon yang terkutuk, berduri, sangat pahit dan menjijikkan. Baunya tidak sedap dan tumbuh di dasar neraka.

Dalam Al-Qur'an disebutkan pohon ini adalah hidangan bagi orang-orang yang mendustakan hari Akhir, yang mengerjakan dosa besar dan hidup bermewah-mewahan.

Beberapa Surat bercerita tentang Zaqqum di antaranya Surat Al-Waqiah Ayat 52: "La aakiluuna min shajarim min Zaqquum (pasti akan memakan pohon Zaqqum)". Kemudian di Surat Al-Isra, Ash-Shoffat dan ad-Dukhan.

Berikut firman-Nya dalam Surat Ad-Dukhan :

إِنَّ شَجَرَةَ الزَّقُّومِ (43) طَعَامُ الأثِيمِ (44) كَالْمُهْلِ يَغْلِي فِي الْبُطُونِ (45) كَغَلْيِ الْحَمِيمِ (46)

Artinya: "Sesungguhnya pohon Zaqqum itu makanan bagi orang yang banyak berdosa. (Ia) seperti cairan tembaga yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas." (Surat Ad-Dukhan Ayat 43-46)

Pohon yang disebut dalam Al-Qur'an dan Hadis ini merupakan peringatan bagi manusia. Pohon Zaqqum menjadi perbincangan hangat karena disebut-sebut tumbuh di Arab Saudi. Benarkah demikian?

Ada yang mengatakan pohon neraka ini tumbuh di wilayah Thaif, 80 Km dari Mekkah. Thaif memang terkenal dengan wilayah pegunungan yang dingin. Konon, daerah ini disebut-sebut telah ditumbuhi oleh Pohon Zaqqum, pohon penuh duri tajam dan besar.

Jika merujuk Hadis Nabi, pohon yang yang tumbuh di Thaif itu sebenarnya bukanlah pohon Zaqqum yang ada di neraka. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Seandainya setitik dari Zaqqum diteteskan di dunia niscaya akan menghancurkan kehidupan semua penghuninya." (HR at-Tirmidzi)

Gambaran Pohon Zaqqum
Pohon Mirip Zaqqum, Makanan Ahli Neraka Tumbuh di Arab Saudi?

Para ulama menggambarkan pohon Zaqqum sebagai pohon kecil dengan dedaunan yang baunya sangat busuk. Getahnya menyebabkan bengkak bila menyentuh badan manusia. Pohon ini ditemukan di beberapa daerah tandus dan padang pasir.

Quraish Shihab menjelaskan, Zaqqum yang dimaksud Al-Qur'an bukanlah pohon tersebut. Pohon Zaqqum tumbuh di dasar neraka. Al-Qur'an menggambarkan kengerian Zaqqum dengan 'Mayangnya seperti kepala-kepala setan' yang mengerikan.

Berikut firman Allah dalam Surat Ash-Shaffat yang artinya: "(Makanan surga) itukah hidangan yang lebih baik ataukah pohon Zaqqum. Sesungguhnya Kami menjadikan pohon Zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim. Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka yang menyala, mayangnya seperti kepala setan-setan. Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas. Kemudian sesungguhnya tempat kembali mereka benar-benar neraka Jahim. Karena sesungguhnya mereka mendapati bapak-bapak mereka dalam keadaan sesat. Lalu mereka sangat tergesa-gesa mengikuti jejak orang-orang tua mereka itu." (QS Ash-Shaffat, ayat 62-70)
Pohon Mirip Zaqqum, Makanan Ahli Neraka Tumbuh di Arab Saudi?

Mengutip keterangan channel El Asyi Media, dalam beberapa bahasa tanaman yang mirip Zaqqum ini disebut bunga Snapdragon. Selain di Thaif, pohon ini juga tumbuh di Eropa, Amerika dan Afrika Utara. Nama Snapdragon (antirhinum) berasal dari kosakata bahasa Yunani. Yaitu "anti" yang bermakna seperti dan "rhim" yang berarti hidung.

Dalam Al-Qur'an Surat Al-Waqiah dijelaskan, penghuni neraka akan memakan pohon Zaqqum seperti unta yang kehausan. Karena perasaan dahaga yang tidak tertahankan, mereka kembali minum air yang sangat panas bagaikan cairan tembaga yang mendidih. Begitulah mereka tetap minum terus bagaikan unta yang sangat haus dan sangat dahaga. Na'udzubillahi min dzalik.

Baca Juga: Buah Zaqqum: Hidangan buat Penghuni di Neraka, Naudzubillah Min Dzalik

Dalam video yang diunggah Channel El Asyia Media di kanal Youtube, pohon ini tampak sangat menyeramkan dengan pohon berduri. Mayangnya menyerupai tengkorak manusia. Berikut penampakannya:
(rhs)
preload video