Kumpulan Artikel: Ahli Neraka

  • Hadis Orang yang Membunuh dan Dibunuh Sama-sama Masuk Neraka, Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 07 Desember 2023 - 22:20 WIB
    Hadis ini merupakan peringatan keras bagi kaum muslimin yang berperang atau terlibat pertikaian. Hendaknya saling menahan diri dari membunuh atau menghilangkan nyawa saudara muslim.
  • 5 Ayat yang Menggambarkan Neraka dan Berbagai Jenis Siksaannya
    Hikmah
    Selasa, 12 September 2023 - 16:41 WIB
    Berikut ini adalah 5 ayat dalam al-Quran yang menggambarkan neraka dan berbagai jenis siksaannya. Ayat-ayat itu antara lain surat az-Zukhruf ayat 74-77, dan al-Isra ayat 97.
  • Ayat-Ayat Al-Qur’an yang Menggambarkan Makanan dan Minuman di Neraka
    Hikmah
    Selasa, 12 September 2023 - 16:15 WIB
    Berikut ini adalah ayat-ayat Al-Quran yang menggambarkan makanan dan minuman serta siksa di neraka. Salah satu makanan itu adalah zaqqum. Berikut ini firman Allah SWT.
  • Ayat-Ayat Al-Quran yang Menggambarkan Neraka dan Berbagai Jenis Siksaannya
    Tausyiah
    Selasa, 12 September 2023 - 15:15 WIB
    Berikut ini adalah ayat-ayat Al-Quran yang menggambarkan neraka dan berbagai jenis siksaannya antara lain Surat Ali Imran ayat 131, Surat al-Kahfi ayat 29 dan surat al-Insan ayat 4.
  • Kekeliruan Abu Jahal Mengklaim Pohon Zaqqum, Makanan Ahli Neraka
    Hikmah
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 18:15 WIB
    Dalam Sirah Nawabiyah diceritakan sikap Abu Jahal yang keliru mengklaim pohon Zaqqum. Kata dia, pohon Zaqqum yang diceritakan dalam Al-Quran ialah kurma Madinah dalam mentega.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Doa untuk Menghapus Nama Kita yang Sudah Tercantum di Neraka
    Tips
    Selasa, 07 Maret 2023 - 13:16 WIB
    Ada doa untuk menghapus nama kita dan orang tua kita yang tercantum dalam daftar ahli neraka. Doa ini, dianjurkan diperbanyak pada bulan Ramadan nanti. Kenapa demikian? Karena Ramadan, merupakan bulan ampunan bagi hamba-hamba allah yang mau bertaubat.
  • Jubb al-Hazn, Palung Jahanam Tempat Pembaca Al-Quran yang Riya Disiksa
    Hikmah
    Selasa, 21 Februari 2023 - 13:47 WIB
    Allah SWT menyiapkan Neraka Jahanam bagi umat Nabi Muhammad SAW yang berbuat dosa. Bagi pembaca Al-Quran yang beramal karena pamrih atau riya disiksa di tempat yang mengerikan. Tempat itu bernama Jubb Al Hazn.
  • Gambaran Siksaan Neraka bagi Pelaku Transgender Sangat Mengerikan!
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 10:44 WIB
    Gambaran siksaan neraka bagi pelaku transgender amatlah mengerikan. Bagi mereka yang melakukan homoseks atau liwath, jika mereka seorang muslim, maka tempatnya adalah neraka Jahannam.
  • Pedihnya Orang yang Mati Dalam Keadaan Kafir
    Tausyiah
    Sabtu, 12 November 2022 - 10:47 WIB
    Orang kafir yang mati dalam keadaan kafir sungguh sangat pedih. Bukan hanya para Malaikat yang melaknat mereka. Orang kafir juga mati sebelum bertaubat akan mendapat laknat dari Allah SWT dan seluruh manusia.
  • Kisah Kaum Kafir Berbantah-bantahan dan Saling Menyalahkan di Neraka
    Tausyiah
    Senin, 07 November 2022 - 14:07 WIB
    Upaya kaum musyrik agar mendapat ampunan dari Allah SWT dilakukan saat mereka disiksa di neraka. Ibnu Katsir menggambarkan bagaimana sesama mereka berbantah-bantahan tatkala mereka berada di neraka.
  • Dialog Huzhaifah dan Rasulullah SAW tentang Dai Penyeru ke Neraka Jahanam
    Hikmah
    Rabu, 02 November 2022 - 09:05 WIB
    Suatu ketika Huzhaifah bin Yaman ra yang pakar di bidang fitnah dan masa depan bertanya kepada Rasulullah SAW tentang hal-hal yang buruk, terkait munculnya dai yang mengajak ke neraka.
  • Begini Bahaya Mengonsumsi Barang Haram, Rugi Dunia Akhirat
    Tausyiah
    Kamis, 20 Oktober 2022 - 18:07 WIB
    Bahaya mengonsumsi makanan haram dan dampak dari pekerjaan yang tidak halal sangat mempengaruhi doa, kesehatan, dan amalan kebaikan. Di akhirat kelak tidak akan bisa masuk surga.
  • Ngerinya Neraka: Siksa Paling Ringan Mengenakan Sandal yang Bikin Otak Menggelegak
    Tausyiah
    Kamis, 20 Oktober 2022 - 16:52 WIB
    Siksa neraka sungguh amat pedih. Bahkan siksa yang paling ringan adalah bagi orang yang dikenakan sandal yang bisa membikin otaknya menggelegak. Abu Thalib, paman Nabi, menghuni tempat ini.
  • Kisah Abu Jahal Mengklaim Mengetahui Pohon Zaqqum
    Hikmah
    Kamis, 29 September 2022 - 00:30 WIB
    Kisah Abu Jahal yang mengklaim mengetahui pohon Zaqqum menarik untuk kita ketahui karena berkaitan dengan firman Allah dalam Al-Quran. Berikut kisahnya dalam Sirah Nabawi.
  • Kisah Penghuni Surga Terakhir, Mengira Bakal Berdesak-desakan
    Hikmah
    Senin, 05 September 2022 - 11:02 WIB
    Kisah penghuni surga terakhir ini mengira di akan berdesak-desakan ketika dirinya masuk surga. Maklum saja, dia adalah yang terakhir masuk surga, setelah sekian lama menderita di neraka.
  • Penyebab Abu Lahab dan Istrinya Dilaknat Allah
    Hikmah
    Selasa, 09 Agustus 2022 - 07:25 WIB
    Kisah Abu Lahab dan istrinya dilaknat Allah Taala layak kita jadikan pelajaran berharga. Selain binasa menjadi ahli neraka, akhir hidupnya berakhir tragis. Ini penyebabnya!
  • Pohon Mirip Zaqqum, Makanan Ahli Neraka Tumbuh di Arab Saudi?
    Dunia Islam
    Selasa, 26 Juli 2022 - 22:49 WIB
    Bagi yang sering baca Al-Quran pasti tak asing dengan kata Zaqqum. Sebuah pohon yang diperuntukkan bagi ahli neraka. Pohon ini disebut-sebut tumbuh di Arab Saudi, benarkah?
  • Kisah Sahabat yang Disebut Ahli Neraka Oleh Nabi, Ternyata Ini Sebabnya
    Hikmah
    Senin, 18 Juli 2022 - 23:00 WIB
    Para sahabat mengira orang ini adalah Syuhada dan pahlawan karena semangat dan keberaniannya di medan perang. Tiba-tiba Rasulullah SAW berkata: Orang ini ahli neraka!
  • 4 Permintaan Penduduk Neraka, Tak Satu Pun yang Dikabulkan Allah
    Tausyiah
    Senin, 21 Maret 2022 - 22:55 WIB
    Syekh Manshur as-Salimy dalam satu ceramahnya menyebutkan ada 4 permintaan penduduk neraka kepada Allah. Namun, tak satupun yang dikabulkan Allah.
  • Urutan Nama-nama Neraka Berikut Calon Penghuninya
    Hikmah
    Senin, 14 Maret 2022 - 21:54 WIB
    Seorang muslim hendaknya mengetahui nama-nama neraka yang telah Allah siapkan pada hari akhir. Ancaman neraka disebutkan dalam banyak ayat Al-Quran.