Gus Baha: Amalan Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit

loading...
Gus Baha: Amalan Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit
Gus Baha menjelaskan amalan agar tidak mudah terserang penyakit sebagaimana diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad. Foto/tangkapan layar Channel ahmadalaspany
Gus Baha menjelaskan amalan agar tidak mudah terserang penyakit menarik untuk disimak. Apapun di dalam kehidupan semua sudah ada petunjuknya dalam Islam, termasuk mengatasi masalah penyakit.

Dalam satu kajiannya, ulama ahli tafsir Al-Qur'an asal Rembang Jawa Tengah ini mengatakan, jauh sebelum ada penyakit, Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wasallam sudah mengajarkan kepada umatnya untuk melakukan amalan-amalan agar tetap sehat.

Salah satu amalan yang diajarkan Nabi Muhammad yaitu mencuci tangan setiap kali bangun dari tidur. Dalam satu hadis yang sahih, Beliau pernah bersabda:

إذا استيقظ أحدُكم من نومِهِ، فلا يَغْمِسْ يدَه في الإناءِ حتى يغسلَها ثلاثًا . فإنه لا يَدْرِي أين باتت يدُه

Artinya: "Jika salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, maka jangan mencelupkan tangannya ke dalam bejana sebelum ia mencucinya tiga kali. Karena ia tidak mengetahui dimana letak tangannya semalaman." (HR Al-Bukhari 162, Muslim 278)

Kata Gus Baha, kebiasaan mencuci tangan setiap bangun tidur dapat mencegah berbagai penyakit. Itulah Islam, sejak dulu telah menyarankan cuci tangan.

"Untuk solusi sosial malah lebih gampang lagi. Saya ada beberapa ada orang konsultasi ke saya. Solusi sosial, Islam lebih hebat lagi. Dari awal Islam sudah mengajarkan. Jadi satu orang punya rezeki itu harusnya bisa menanggung satu orang lain. Dua orang bisa nanggung empat orang," jelas Gus Baha.

Artinya, normalnya memang rezeki satu orang bisa menghidupi 2, 3, 4 orang. Yang membuat agama ini kacau kan jatah empat orang dimakan sendirian. Sekarang banyak orang rakus seperti itu.

Yang pasti, ajaran Rasulullah sholallohu 'alaihi wasallam tetap ajaran yang bisa mengurai dan mengatasi berbagai masalah. Karena itu, kita harus buktikan bahwa yang Islami ini hidup dengan stabil dan nyaman.

Untuk diketahui, di negara-negara non muslim sekarang semuanya mengkaji ilmu Islam. Salah satunya ajaran Rasulullah dalam hal kesehatan diadopsi dunia barat. Setiap bangun tidur dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

Ijazah Gus Baha Agar Disembuhkan dari Sakit
Dalam kajian lain, Gus Baha memberikan ijazah agar disembuhkan dari sakit. Dalam satu video yang diunggah Fahmiyah Official, seorang bernama Mas Fattah mengabarkan dirinya sedang sakit ketika berdialog dengan Gus Baha. Mas Fattah mengaku badannya masih lemas. Tak hanya dia, tiga karyawannya juga menderita sakit.

Mendengar penuturan Mas Fattah itu, Gus Baha kemudian memberikan ijazah untuk diamalkan. Bacalah Surat Al-Fatihah 7 kali dihadiahkan untuk Baginda Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam dan Sayyidina Ja'far ash-Shadiq.

"Nanti kalau sehat saya panggil ke Damaran atau ke Narukan ya. Pokoknya dijalani dulu (amalan itu) Fattah," kata Gus Baha kepadanya.

Baca Juga: Gus Baha: Ini Solusi untuk Orang yang Banyak Utang

Berikut video ceramah Gus Baha diunggah Channel Dakwah Digital 3 Desemeber 2021 lalu:
(rhs)
preload video