Mengapa Kaum Wanita Dianjurkan Memperbanyak Sedekah dan Istighfar? Begini Penjelasannya

loading...
Mengapa Kaum Wanita Dianjurkan Memperbanyak Sedekah dan Istighfar? Begini Penjelasannya
Kaum wanita dianjurkan syariat untuk memperbanyak sedekah dan istighfar, hal ini sejatinya sebagai penyeimbang dosa yang seringkali banyak diremehkan oleh kaum Hawa tersebut. Foto ilustrasi/ist
Sering juga kita mendengar bahwa yang paling banyak penghunineraka , ternyata kaum wanita. Kenapa demikian? Apakah karena kaum wanita yang memang jumlahnya lebih banyak dari laki laki? Atau apakah kaum Hawa ini lebih mudah berbuat dosa? Bagaimana penjelasannya menurut syariat?

Sebenarnya neraka Allah Ta'ala adalahnetral.Maksudnya siapa saja berhak tinggal di neraka Allah, tergantung amal apa yang dilakukan semasa hidupnya di dunia. AllahTa'alaberfirman :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ قُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَٰٓئِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ ٱللَّهَ مَآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ


“Hai orang-orang yang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api Neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS At Tahrim : 6)

Baca juga: Amalan Muslimah dengan Ganjaran Surga yang Tercantum dalam Al-Qur'an dan Hadis

Lantas mengapa neraka banyak dihuni oleh kaum wanita ini? Imam Al-Qurthubi memaparkan bahwahawa nafsudalam diri wanita itumendominasi,sehingga kecondongan untuk bersenang-senang dan berpaling dari akhirat lebih besar. Dengan kondisi yang seperti itu kaum perempuan tidak lantas berputus asa dari rahmat Allah.

Dalam sebuah hadis RasulullahShallallahu alaihi wa sallambersabda:

عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ يَا مَعْشَرَ النِّسَاءِ تَصَدَّقْنَ وَأَكْثِرْنَ الِاسْتِغْفَارَ فَإِنِّي رَأَيْتُكُنَّ أَكْثَرَ أَهْلِ النَّارِ


"Dari RasulullahShallallahu ‘alaihi wa sallam,bahwa beliau bersabda: Wahai kaum wanita, bersedekahlah kamu dan perbanyakkanlah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni Neraka." (HR Muslim)

HadisRasulullahini, menjadi penyeimbang atas dosa yang diperbuat supaya perempuan dapat selamat dari siksa neraka. Agar mereka selamat dari neraka, maka Rasulullah menganjurkan kaum perempuan memperbanyak sedekah. Tidak hanya sedekah , Rasulullah juga menganjurkan untuk memperbanyak kalimat istighfar, kalimat istighfar yang terucap dari bibir dengan menyertakan hati akan mampu menggugurkan dosa-dosa yang diperbuat atau sebagai penebus maghfirah dari Allah sehingga bisa aman dari siksa-Nya.

Baca juga: Mengapa Kaum Muslimah Dianjurkan Harus Banyak bersedekah?

Meskipun pada dasarnya perintah sedekah juga ditujukan untuk laki-laki, namun bagi perempuan ditekankan untuk lebih memperbanyaknya ditambah dengan memperbanyak istighfar. Dengan memperbanyak sedekah dan istighfar diharapkan dosa-dosa yang telah dilakukannya pun dapat diampuni. Sebagaimana kebaikan menghapus keburukan.

Dari Abu Dzar, ia berkata bahwa Nabi MuhammadShallallahu alaihi wa sallambersabda:

"Bertakwalah kamu kepada Allah di mana saja kamu berada dan ikutilah setiap keburukan dengan kebaikan yang dapat menghapuskannya, serta pergauilah manusia dengan akhlak yang baik. (HR Tirmidzi).

Dengan demikian anjuran memperbanyak sedekah dan istighfar dari Rasulullah adalah merupakan dua pelipur lara yang hadir untuk menyejukkan kaum perempuan, agar terhindar dari neraka dan bukan termasuk golongan penghuni neraka yang kekal di dalamnya.

Baca juga: Kemuliaan Sosok Ibu yang Digambarkan Dalam Al-Qur'an

Wallahu A'lam
(wid)
preload video