Malaikat Israfil dan Gambaran Wujudnya Menurut Berbagai Hadis

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 14:36 WIB
loading...
A A A
(Kullu syai`in hālikun illā waj-hah)

Artinya: “…Tiap-tiap sesuatu pasti binasa kecuali Allah,” (QS Al-Qashash: 88).

Allah Subhanahu Wa Ta'ala juga berfirman:

وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَصَعِقَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَ رْضِ اِلَّا مَنْ شَآءَ اللّٰهُ ۗ ثُمَّ نُفِخَ فِيْهِ اُخْرٰى فَاِ ذَا هُمْ قِيَا مٌ يَّنْظُرُوْنَ


"Dan sangkakala pun ditiup maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah)."
(QS. Az-Zumar : 68)

Sebagai gambaran, malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari cahaya, tidak memiliki nafsu sehingga selalu menaati segala perintah dari Allah. Dan menjadi makhluk yang pertama diciptakan oleh Allah, dan nanti juga akan menjadi yang akan pertama dibangkitkan padahari kiamat.

Sejak 1.400 tahun lalu, Rasulullah bersabda dari Abu Hurairah :

“Sesungguhnya pandangan malaikat peniup sangkakala telah bersiap sejak dia diperintahkan, dia selalu memandang ke arah Arsy karena khawatir dia diperintahkan ketika matanya berkedip. Kedua matanya seperti bintang berkilau,” (HR Hakim).

Dapat dibayangkan bahwa malaikat Israfil sejak 1.400 tahun lalu saja sudah bersiap untuk meniup sangkakala. Ini menunjukkan bahwa para malaikat telah melakukan tugasnya dengan baik dan taat.

Tentang hari di mana saat Malaikat Israfil meniup sangkakala, Rasulullah Shalallahu'alaihi Wa Sallam bersabda :

"Hari yang paling utama adalah Hari Jumat. Hari itulah Allah menciptakan Adam. Mencabut nyawa Adam. Dan hari ditiupnya sangkakala. Maka perbanyaklah shalawat untukku karena shalawatmu itu akan ditunjukkan kepadaku. Dan sesungguhnya Allah telah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Syuhada'." ( HR. Ahmad, Abu Dawud, dan An-Nasai).


Wallahu A'lam.
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3181 seconds (0.1#10.140)