Ternyata Neraka Ada yang Dingin Membuat Kulit Terkelupas

loading...
Ternyata Neraka Ada yang Dingin Membuat Kulit Terkelupas
Tak hanya api yang panas, neraka juga memiliki hawa dingin yang membuat kulit terkelupas. Neraka ini dikenal dengan nama Zamharir. Foto ilustrasi/dok Channel Youtube amih hindarsih
Biasanya neraka digambarkan dengan panas api yang menyala-nyala. Tak hanya gejolak api, neraka juga menyimpan hawa dingin yang membuat kulit terkelupas.

Neraka ini dijuluki dengan Zamharir. Dari Ka'ab, ia berkata, "Sesungguhnya di neraka terdapat dingin yaitu Zamharir (dingin yang amat beku), yang ini bisa membuat kulit-kulit terlepas hingga mereka (yang berada di neraka) meminta pertolongan pada panasnya neraka."

Gambaran dinginnya neraka ini juga disebutkan dalam Al-Qur'an:

هٰذَا ۙ فَلۡيَذُوۡقُوۡهُ حَمِيۡمٌ وَّغَسَّاقٌ

Artinya: "Inilah (azab neraka), maka biarlah mereka merasakannya, (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin." (QS. Shad Ayat 57)

Siksaan dingin neraka ini khusus diberikan kepada orang-orang kafir. Kadi Zada Ahmad Effendi mengatakan, Zamharir atau Zamhari merupakan sisi neraka yang sangat dingin. Dinginnya sangat dahsyat sehingga tak satu makhluk pun mampu menahannya meski untuk sesaat.

Gambaran siksaan Zamhari yang sangat dingin ini diketengahkan dalam Kitab Kimya-i sa'adat dan Durrat-ul-fakhira. Hal ini juga terdapat dalam Al-Bukhari, Muslim, Ibn Majah, dan kitab-kitab hadis lainnya. Panasnya musim panas berasal dari nafas neraka yang panas, dan dinginnya musim dingin dari nafas neraka Zamhari.

Dari Abu Hurairah dan Abu Sa'id Al Khudri, Nabi shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:

إذا كان يوم شديد البرد فإذا قال العبد : لا إله إلا الله ما أشد برد هذا اليوم : اللهم أجرني من زمهرير جهنم قال الله تعالى لجهنم : إن عبدا من عبادي استجار بي من زمهريرك و إني أشهدك أني قد أجرته قالوا ما زمهرير جهنم قال : بيت يلقى فيه الكفر فيتميز من شدة البرد

Artinya: "Jika hari begitu amat dingin, lalu seorang hamba mengucapkan 'Laa ilaha illallah, maa asyaddu bardin hadzal yaum: Allahumma aajirni min zamharir jahannam’ (Tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah begitu dingin hari ini. Ya Allah, selamatkanlah aku dari dingin bekunya jahannam). Allah Ta'ala kemudian berfirman kepada Jahannam, "Sesungguhnya di antara hamba-Ku, meminta perlindungan pada-Ku dari dingin bekumu, dan aku bersaksi padamu bahwa aku telah melindungi dari dingin tersebut." Mereka berkata, "Apa itu Zamharir Jahannam?" Dia menjawab, "Itu adalah rumah yang orang kafir dilemparkan di dalamnya, lantas mereka terasing karena saking dinginnya."

Inilah kekuasaan Allah yang tak terbatas. Dia dapat menyiksa Iblis (yang tercipta dari api) dengan hawa dingin neraka maupun apinya yang sangat panas.

Demikian gambaran neraka yang memiliki hawa sangat dingin. Semoga Allah Ta'ala berkenan menyelamatkan kita dari adzab neraka.

Baca Juga: Pohon Mirip Zaqqum, Makanan Ahli Neraka Tumbuh di Arab Saudi?
(rhs)
preload video