Ciri-ciri Fisik Dajjal yang Muncul Saat Bumi Kering Kerontang

loading...
Ciri-ciri Fisik Dajjal yang Muncul Saat Bumi Kering Kerontang
Di antara kemampuan Dajjal yaitu dapat membawa surga dan neraka tipuan, menurunkan hujan, mengeluarkan harta dari reruntuhan, menghidupkan orang mati, dan lainnya. Foto/ilustrasi
Dajjal (الدّجّال) merupakan sosok pembohong dan penebar fitnah terbesar yang muncul saat bumi kering kerontang. Kemunculannya menjelang Hari Kiamat akan didahului kemarau panjang yang melanda dunia selama 3 tahun berturut.

Seperti apa ciri-ciri fisik Dajjal ? Dia bukanlah sosok Jin atau mahkluk ghaib, melainkan seorang manusia yang diberi Allah banyak kelebihan sebagai ujian bagi umat manusia pada akhir zaman.

Dalam memuluskan misinya, Dajjal melakukan tipu daya dan memperdayai manusia dengan berbagai kemampuannya. Dalam berbagai riwayat hadis, Dajjal dapat membawa air dan api, menurunkan hujan, mengeluarkan harta benda dari reruntuhan, menghidupkan orang mati, dan lainnya.

Secara umum, ciri fisik Dajjal disebut-sebut bermata satu. Sebenarnya, banyak ciri-ciri fisik lainnya yang dimiliki Dajjal. Berikut beberapa di antaranya:

1. Berusia Muda dan Berambut Kribo
Dalam salah satu hadis, Rasulullah SAW menyebutkan ciri fisik yang dimiliki Dajjal. Di antaranya adalah dia masih berusia muda dan memiliki rambut keriting kribo. Ada yang mengatakan seperti ranting kayu.

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ يَزِيدَ بْنِ جَابِرٍ، حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ جَابِرٍ الطَّائِيُّ -قَاضِي حِمْصَ-حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ جُبَير بْنِ نُفَير الْحَضْرَمِيُّ، عَنِ أَبِيهِ، أَنَّهُ سَمِعَ النَّوّاس بْنَ سمْعانَ الْكِلَابِيَّ قَالَ: ذَكَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الدَّجَّالَ ذَاتَ غَداة، فخَفَض فِيهِ ورَفَع، حَتَّى ظَنَنَّاهُ فِي طَائِفَةِ النَّخْلِ، [فَلَمَّا رُحْنَا إِلَيْهِ عَرَفَ ذَلِكَ فِي وُجُوهِنَا، فَسَأَلْنَاهُ فَقُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، ذَكَرْتَ الدَّجَّالَ الْغَدَاةَ، فَخَفَّضْتَ فِيهِ وَرَفَّعْتَ حَتَّى ظَنَنَّاهُ فِي طَائِفَةِ النَّخْلِ]. فَقَالَ: "غَيْرُ الدَّجَّالِ أخْوَفُني عَلَيْكُمْ، فَإِنْ يَخْرُجْ وَأَنَا فِيكُمْ فَأَنَا حَجِيجُه دُونَكُمْ، وَإِنْ يَخْرُجْ وَلَسْتُ فِيكُمْ فَامْرُؤٌ حَجِيجُ نَفْسِهِ، وَاللَّهُ خَلِيفَتِي عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ: إنه شاب جَعْدُ قَطَط عينه طَافِيَةٌ، وَإِنَّهُ يَخْرُجُ خَلَةَ بَيْنَ الشَّامِ وَالْعِرَاقِ، فَعَاثَ يَمِينًا وَشِمَالًا يَا عِبَادَ اللَّهِ اثْبُتُوا

Artinya: "Bukan Dajjal yang aku khawatirkan akan memudaratkan kalian. Karena jika Dajjal muncul, sedangkan aku masih berada di antara kalian, maka akulah yang akan menghadapinya, bukan kalian. Jika dia muncul, sedangkan saya tidak lagi berada di antara kalian, maka setiap orang muslim wajib membela dirinya, dan Allah yang menjaga setiap orang muslim sepeninggalku. Sesungguhnya Dajjal adalah seorang yang berusia muda, berambut keriting, dengan bola mata yang menonjol. Dan sesungguhnya pasukan berkudanya memenuhi kawasan antara negeri Syam dan Irak, lalu menyebar ke segala penjuru. Hai hamba-hamba Allah, berpendirian teguhlah kalian." (HR Ibnu Majah)

2. Mata Sebelah Kanannya Buta
Dalam beberapa riwayat hadis, ada yang menyebut mata kirinya yang buta. Namun, sebagian mengatakan bahwa mata kanannya yang buta.

عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ ذُكِرَ الدَّجَّالُ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ لَا يَخْفَى عَلَيْكُمْ إِنَّ اللَّهَ لَيْسَ بِأَعْوَرَ وَأَشَارَ بِيَدِهِ إِلَى عَيْنِهِ وَإِنَّ الْمَسِيحَ الدَّجَّالَ أَعْوَرُ الْعَيْنِ الْيُمْنَى كَأَنَّ عَيْنَهُ عِنَبَةٌ طَافِيَةٌ

Artinya: "Dari Nafi dari Abdullah berkata, "Dajjal disebut-sebut di sisi Nabi shollallahu 'alaihi wasallam, lantas beliau berkomentar "Allah tidak samar bagi kalian, Allah tidak buta sebelah-sambil beliau mendemonstrasikan dengan tangannya ke matanya- dan bahwasanya Al-Masih Dajjal buta sebelah kanan, seolah-olah matanya anggur yang menjorok." (HR Al-Bukhari)

3. Di Keningnya Terdapat Tulisan Kaf Fa Ra (كافر) atau Kafir
Dajjal memiliki tanda di keningnya dengan tulisan كافر Kafara (kafir). Konon, tulisan itu nantinya bisa dibaca orang muslim yang melek huruf maupun buta huruf.

Cap kafir di dahinya itu untuk menunjukkan dengan jelas kekafiran dan kebohongan Dajjal. Dalam salah satu hadis, Nabi bersabda: "Dan di antara kedua matanya termaktub tulisan كافر atau kafir." (HR Al-Bukhari)

Selain tiga ciri fisik Dajjal di atas, masih banyak ciri-ciri lain yang perlu diketahui umat muslim. Dalam Kitab Fathul Majid karya Syaikh Nawawi Al-Bantani disebutkan ciri-ciri Dajjal sebagai berikut:
1. Tidak berjenggot
2. Tidak berkumis
3. Tingginya 80 Hasta (36 Meter). 1 Hasta = 45 Cm.
4. Lebarnya 30 Hasta (13,5 Meter)
5. Keningnya 2 Hasta (90 Cm)
6. Di keningnya terdapat tanduk yang patah
7. Salah satu tangannya lebih panjang dari yang lain.
8. Dapat menyentuh awan dengan tangannya.
9. Di bagian punggung ada mimbar dari tembaga.
10. Dapat menangkap ikan dari dasar laut dengan tangannya.

Demikian ganmbaran ciri-ciri fisik Dajjal yang bersumber dari Hadis Nabi dan kitab para ulama. Tak dapat dibayangkan betapa dahsyatnya kekuatan Dajjal ini. Mudah-mudahan Allah yang Maha Pengasih melindungi kita dari fitnah Dajjal. Aamin.

Wallahu A'lam

Baca Juga: 6 Kemampuan Dajjal yang Luar Biasa, Nomor 4 Mengaku Dirinya Tuhan
(rhs)
preload video