Jangan Lupakan Kerabat, Ini 7 Fadhilah Silaturahim

Rabu, 17 Agustus 2022 - 22:11 WIB
loading...
Jangan Lupakan Kerabat, Ini 7 Fadhilah Silaturahim
Islam sangat menekankan pentingnya menjalin silaturahim terutama terhadap kerabat dan sanak keluarga. Foto/ilustrasi
A A A
Menjalin silaturahim tak hanya mendatangkan manfaat di dunia, namun juga mendapat fadhilah (keutamaan) di Akhirat. Terlebih bagi orang yang menyambung silaturahim dengan kerabat atau keluarganya.

Menyambung silaturahim merupakan salah satu karakter orang beriman. Dalam perspektif syariat, menjalin silaturahim hukumnya wajib bagi setiap muslim. Orang yang memutuskannya akan dihukumi dosa besar dan ancamannya adalah neraka.

Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam juga bersabda, ada dua langkah manusia yang disukai Allah yaitu: (1) Langkah menuju masjid untuk sholat Fardhu. (2) Langkah menuju silaturahim kepada kerabat yang mahram.

Fadhilah Silaturahim
Beberapa fadhilah silaturahim diterangkan oleh Pimpinan Ma'had Subulana Bontang Kalimantan Timur, Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq. Beliau menguraikan tujuh fadhilah menyambung silaturahim.

1. Tanda dan Syiar Keimanan
Nabi shollallohu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia menyambung tali silaturrahim." (HR Al-Bukhari)

2. Meluaskan Rezeki dan Memanjangkan Umur
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang ingin dibentangkan (diluaskan) rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka hubungkanlah (sambunglah) silaturrahim." (Muttafaq 'Alaih)

3. Mendatangkan Rahmat Allah
"Kekerabatan adalah berasal dari Ar-Rahman, maka Allah berfirman: "Barangsiapa yang menyambungmu, Aku menyambungnya, dan barang siapa yang memutuskanmu, niscaya Aku memutuskannya." (Mutafaqun 'Alaih)

4. Termasuk Amal yang Memasukkan Seseorang ke Surga
Seseorang bertanya kepada Nabi sholallohu 'alaihi wasallam tentang amalan yang memasukkan ke dalam surga. Beliau bersabda: "Engkau beribadah kepada Allah semata dan tidak menyekutukan-Nya, menegakkan sholat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturrahim." (HR Al-Bukhari)

5. Menambah Kemuliaan dan Kehormatan
"Hendaklah kalian mengharapkan kemuliaan dari Allah". Para sahabat bertanya: "Apakah itu Ya Rasulullah?" Beliau bersabda: "Hendaklah kalian suka menghubungkan tali silaturahim kepada orang yang telah memutuskannya..." (HR. Hakim)

6. Menambah Cinta Kasih dan Mempererat Ukhwah
Rasulullah sholallahu 'alaihi wasalam bersabda: "Sambunglah keluargamu meskipun dengan Salam." Sedangkan redaksi lain beliau bersabda: "Maukah aku tunjukkan sesuatu yang apabila kalian kerjakan kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah Salam di antara kalian." (HR Muslim)

7. Amal yang Cepat Mendapat Balasan
Nabi shollallohu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan adalah pahala orang yang berbuat kebaikan dan menghubungkan (menyambung) tali silaturahim." (HR Ibnu Majah)

Demikian tujuh fadhilah menyambung silaturahim. Dalam satu Hadis shahih yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Nabi pernah berpesan: "Tidak akan masuk surga orang yang memutus silaturahim."

Semoga Allah memudahkan kita dalam menyambung tali silaturahim. Aamin.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)