Surat Yusuf Ayat 61: Janji Saudara Yusuf Mendatangkan Bunyamin ke Mesir

Sabtu, 03 September 2022 - 22:22 WIB
loading...
Surat Yusuf Ayat 61: Janji Saudara Yusuf Mendatangkan Bunyamin ke Mesir
Ilustrasi saudara-saudara Nabi Yusuf ketika bertemu Nabi Yusuf di Istana Kerajaan Mesir. Foto/tangkapan layar Film Nabi Yusuf
A A A
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni
Lulusan Al-Azhar Mesir,
Yayasan Pustaka Afaf

Nabi Yusuf 'alaihissalam sangat mencintai saudara-saudaranya meskipun beliau sendiri pernah dizalimi. Ketika berada di puncak kesuksesan menjabat menteri Kerajaan Mesir, Nabi Yusuf meminta saudaranya agar membawa Bunyamin (saudara seayah dan seibu beliau) ke Mesir.

Permintaan Nabi Yusuf ini pun diamini oleh saudaranya. Mereka berjanji akan mendatangkan Bunyamin ke Mesir. Berikut kisahnya diceritakan dalam Surat Yusuf Ayat 61.

قَالُوْا سَنُرَاوِدُ عَنْهُ اَبَاهُ وَاِنَّا لَفٰعِلُوْنَ

Qooluu Sanuraawidu 'anhu Abaahu wa innaa Lafaa'iluun.

Artinya: "Mereka berkata: 'Kami akan membujuk ayahnya untuk membawanya (ke mari) dan sesungguhnya kami benar-benar akan melaksanakannya." (QS Yusuf Ayat 61)

Pesan dan Hikmah
1. Apa yang dilakukan Nabi Yusuf meminta kepada para saudaranya untuk membawa saudara seayahnya sebenarnya ingin memberikan pesan untuk ayahnya (Nabi Ya'kub) bahwa dirinya masih hidup dengan kondisi yang lebih baik.

2. Permintaan Nabi Yusuf sulit untuk direalisasikan oleh para saudaranya mengingat mereka juga pernah melakukan kesalahan atas saudaranya Bunyamin yaitu Yusuf sendiri saat meminta izin kepada ayahnya agar bisa bermain dengannya. Dan sekarang mereka harus mengulang kembali meminta izin itu kepada ayahnya untuk membawa Bunyamin.

3. Janji harus ditepati. Para saudara Yusuf sudah menjanjikan kepadanya untuk mendatangkan Bunyamin ke Mesir, merekapun akan berusaha meyakinkan ayahnya agar mengizinkan mereka membawa Bunyamin.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)