Karomah Guru Syaikh Nawawi Al-Bantani

Minggu, 04 September 2022 - 15:42 WIB
loading...
A A A
Beliau banyak menulis kitab-kitab agama Islam, terutama dalam bahasa Arab, sehingga terkenallah namanya sampai ke Mesir, Syiria, Turki, dan Hindustan. Hampir seluruh dunia Islam mengenal namanya.

Beliau pernah diundang ke Mesir, dan di sana disambut oleh para ulama Mesir dengan sambutan penuh penghormatan. Namanya tercantum dalam Kamus al-Munjid, sebuah Ensiklopedi Bahasa Arab yang sangat prestisius karya Louis Ma'luf.

Putera-putera Banten sendiri, jika belajar ke Mekkah, Syaikh Nawawi-lah yang dituju. Sebab, Syaikh Nawawi pun mengajar dalam bahasa Sunda. Dan bila telah mendapat ijazah darinya, mereka pun pulang ke Banten, lalu mengajar, mendirikan pondok pesantren dan madrasah.

Oleh karena itu, walaupun telah lama Kerajaan Banten dihapuskan Belanda, dan negeri Banten seakan-akan dipisahkan dari daerah lain, namun pertahanan dan kekayaan jiwa penduduk Banten masih tetap terpelihara. Pertahanan dan kekayaan jiwa tersebut tidak lain adalah ajaran agama Islam.

Syaikh Nawawi lahir pada 1815 M di Tanara, sebuah desa di kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang, Banten—sehingga namanya dikenal dengan “alBantani”. Dia wafat pada 1897 M di Makkah al-Mukaromah.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9681 seconds (0.1#10.140)