Gambaran Luas Pintu Surga yang Menakjubkan

loading...
Gambaran Luas Pintu Surga yang Menakjubkan
Saking luasnya pintu surga digambarkan dengan luas 40 tahun perjalanan. Foto ilustrasi/Ist
Gambaran tentang surga benar-benar membuat kita takjub. Adapun kenikmatan yang dijanjikan Allah kepada penghuni surga tak dapat dibayangkan oleh siapa pun.

Pernahkah Anda membayangkan seperti apa luas pintu surga? Ternyata luasnya benar-benar menakjubkan dan sulit untung dibayangkan. Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa surga adalah tempat bagi orang saleh dan orang beriman. Allah berfirman:

وَبَشِّرِ الَّذِيْنَ آمَنُوْا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ كُلَّمَا رُزِقُوْا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِّزْقًا قَالُوْا هَذَا الَّذِيْ رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ وَأُتُوْا بِهِ مُتَشَابِهًا وَلَهُمْ فِيْهَا أَزْوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ وَّهُمْ فِيْهَا خَالِدُوْنَ

Artinya: "Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan beramal shalih bahwa bagi mereka (telah disediakan) Surga-surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam Surga-surga mereka mengatakan, 'Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu.' Mereka diberi buah-buahan yang serupa. Mereka di dalamnya mendapatkan isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya." (QS. Al-Baqarah Ayat 25)

Surga memiliki banyak tingkatan yang disesuaikan dengan tingkat ketakwaan penghuninya. Satu hal yang pasti, semakin tinggi tingkatannya maka semakin besar pula kenikmatan di dalamnya. Lantas, bagaimana dengan luas surga?

Al-Qur'an mengabarkan luas surga yaitu seluas langit dan bumi. Allah berfirman:

سَابِقُوۡۤا اِلٰى مَغۡفِرَةٍ مِّنۡ رَّبِّكُمۡ وَجَنَّةٍ عَرۡضُهَا كَعَرۡضِ السَّمَآءِ وَ الۡاَرۡضِۙ اُعِدَّتۡ لِلَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا بِاللّٰهِ وَرُسُلِهٖ‌ؕ ذٰلِكَ فَضۡلُ اللّٰهِ يُؤۡتِيۡهِ مَنۡ يَّشَآءُ‌ؕ وَاللّٰهُ ذُو الۡفَضۡلِ الۡعَظِيۡمِ

Artinya: "Berlomba-lombalah kamu untuk mendapatkan ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Rasul-Nya. Itulah karunia Allah, yang diberikan kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah mempunyai karunia yang besar." (QS Al Hadid ayat 21)

Sedangkan untuk pintunya sendiri, surga memiliki delapan pintu emas yang dilapisi mutiara-mutiara. Menurut Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah, Buya Yahya dalam salah satu kajiannya mengatakan, bahwa antara ujung pintu sisi kanan dan kirinya memiliki ukuran yang sangat luas sekali.

"Sementara surga itu antara ujung pintunya, antara gawang kanan kirinya adalah 40 tahun perjalanan. Jadi pintunya itu luas sekali. Masya Allah," ungkap Buya Yahya dalam Channel Al-Bahjah TV yang diunggah 4 Maret 2016.

Jadi, dapat dipahami bahwa surga sesuai dengan fungsinya, yakni tempat orang beriman memiliki ukuran yang sangat luas. Bahkan, untuk jarak antar ujung pintunya saja membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 tahun.

Menurut Ibnul Qayyim dalam Kitabnya "Tamasya ke Surga", surga terendah luasnya 10 kali dunia. Tentunya dengan wilayah kerajaan seluas itu memerlukan penghuni minimal puluhan ribu dayang-dayang yang akan melayani penghuni surga.

Wallahu A'lam

Baca Juga: Istana Besar di Surga dan Penghuninya (2)
(rhs)
preload video