Doa Menghindari Sifat Hasad Lengkap dengan Latin dan Artinya

loading...
Doa Menghindari Sifat Hasad Lengkap dengan Latin dan Artinya
Bacaan doa agar kita terhindar dari sifat hasad yang terdapat pada Al-Quran Surat Al Hasyr Ayat : 10, bisa kita amalkan setiap hari. Foto ilustrasi/ist
Hasad atau dengki merupakan sifat tercela, karena merasa iri kepada orang lain atas nikmat atau kebahagiaan yang diberikan oleh Allah SWT, kepada orang lain. Agar terhindar dari sifat buruk tersebut, sebagai muslim kita dianjurkan untuk selalu berdoa dan memohon kepada Allah Ta'ala agar dijauhkan dari sifat-sifat itu.

Baca juga: Bahayanya Sifat Hasad dan Cara Mengobatinya

Berikut bacaan doa agar kita terhindar dari sifat hasad ini yang terdapat pada Al-Qur'an Surat Al Hasyr Ayat : 10.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ


Robbanagh firlanaa wa li ikhwaninaladziinaa sabaquuna bil iimaan wa laa taj’al fii qulubiinaa ghillan lil ladzinaa aamanu robbanaa rouufur roohiim

Artinya : "Ya Allah, ampunilah dosa‐dosa kami dan dosa‐dosa saudara kami yang telah mendahului kami dengan membawa iman, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang‐orang yang beriman. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang." (QS. Al‐Hasyr: 10)

Dikisahkan dalam Al‐Quran, bahwa doa di atas dibaca oleh orang‐orang beriman yang mengikuti perjuangan kalangan Muhajirin dan Anshar. Mereka memohon agar tetap melanjutkan serta meneladani kesolehan, semangat jihad dan kesucian hati mereka.

Cara Menghindari Sifat Hasad

SIfat hasad memiliki bahaya yang luar biasa. Karena hasad, seseorang tidak senang dengan kebahagiaan atau kesuksesan orang lain. Iman orang yang bersikap hasad atau dengki akan dinilai kurang sempurna karena hatinya tidak bisa bersikap ikhlas. Bersikap dengki juga berarti tidak menyukai takdir yang ditetapkan Allah. Bahaya hasad tercantum dalam hadis berikut ini:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Jauhilah sifat hasad karena sifat itu memakan pahala kebaikan sebagaimana api yang memakan kayu bakar." (HR. Abu Daud)

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa cara untuk menghindari sifat hasad, diantaranya yaitu:

1. Selalu mengingat kebesaran Allah SWT.
2. Banyak beribadah
3. Banyak bersyukur
4. Menyadari kesia-siaan hasad
5. Memelihara sifat rendah hati
6. Rajin membantu orang lain
7. Menumbuhkan rasa saling menghormati
8. Tumbuhkan perasangka baik
9. Rajin bersilaturrahmi
10. Dahulukan kepentingan umum

Baca juga: 2 Jenis Terapi Penyakit Hasad, Nomor Terakhir Bisa Menjadi Penyempurna Iman

Wallahu A'lam
(wid)
preload video