Inilah 10 Bahaya Ghibah yang Mengerikan yang Sering Diremehkan Wanita

Minggu, 02 Oktober 2022 - 05:15 WIB
loading...
A A A
Hadis riwayat Ahmad menjelaskan bahwa ketika orang melakukan perbuataan membicarakan hal yang tidak benar mengenai seseorang maka Allah akan mengurung orang tersebut pada lumpur ahli neraka. Naudzubillah semoga kita dijauhkan dari hal menjijikan tersebut. Hal tersebut merupakan suatu ancaman yang besar, hanya Allah lah yang mengetahui betaa besarnya dosa orang yang melakukan ghibah.

8. Mengakibatkan putusnya ukhuwah

Bahaya gosip yang sangat mempengaruhi kehidupan sosial seseorang yaitu putusnya ukhuwah. Dengan membicarakan perbuatan orang lain yang belum pasti kebenarannya maka orang yang digosipkan akan merasa kesal bahkan merasa tersakiti hatinya dengan begitu orang yang digosipkan mungkin saja akan memutuskan silaturahmi. Dan tahukan muslimah? Bahwa keutamaan menyambung tali silaturahmi akan sangat terasa ketika kita saling memahami, membantu satu sama lainnya.

9. Menjadi sombong dan meremehkan orang lain

Ketika seseorang membicarakan keburukan orang lain yang bahkan hal tersebut belum dipastikan kebenerannya maka orang yang menggosipkan tentunya merasa bahwa dirinya lah yang benar dan orang yang digosipkan salah. Dengan begitu maka akan muncullah rasa sombong dan timbul sikap selalu meremehkan orang lain. Naudzubillah.

10. Menimbulkan rasa balas dendam

Tidak semua orang yang digosipkan dapat menerimanya dengan berpikir positif dan tenang saja. Mungkin saja ada beberapa orang yang ketika dimana dia digosipkan akan merasa dendam sehingga akan muncul perilaku balas dendam .

Semoga Allah Ta’ala memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua agar terjauhkan dari dosa ghibah ini. Betapa banyak manusia yang terjerumus ke neraka disebabkan mereka tidak mampu menahan lisan mereka, lebih-lebih di zaman yang penuh fitnah saat ini.


Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)