Manfaat Membaca Surat Yasin 3 Kali Dapat Mempermudah Urusan

Senin, 17 Oktober 2022 - 06:30 WIB
loading...
Manfaat Membaca Surat Yasin 3 Kali Dapat Mempermudah Urusan
Yasin merupakan kalbunya Al-Quran dan membacanya dapat mendatangkan pahala berlipat dan memudahkan segala urusan. Foto/dok SINDOnews
A A A
Manfaat membaca Surat Yasin 3 kali diyakini dapat mendatangkan pahala berlipat dan mempermudah segala urusan. Dalam satu riwayat dari Abu Hurairah radhiyalahu 'anhu, Rasulullah SAW pernah bersabda: "Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai kalbu dan kalbu Al-Qur'an adalah Surat Yasin."

Dalam riwayat Anas radhiyallahu 'anhu, "Barangsiapa membaca Surat Yasin, maka Allah mencatat baginya karena bacaan Surat Yasin menyamai pahala membaca Al-Qur'an sepuluh kali."

Surat Yasin disebut juga jantungnya Al-Qur'an. Surat ke-36 Al-Qur'an ini terdiri dari 83 ayat. Kandungannya meliputi pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah, peringatan kematian, hari akhir, kisah Nabi dan perjuangan para syuhada.

Dinamakan Surat Yasin karena diawali dengan Ya Sin. Ibnu 'Abbas mengatakan, Ya Sin bermakna "Ya Insan" (wahai manusia) yakni wahai Muhammad. Demikian pula pendapat Abu Hurairah, 'Ikrimah, adh-Dahhak, Sufyan bin Uyainah dan Sa'id bin Jubair. Menurut mereka, Ya Sin berasal dari logat Habsyah. Sedang Malik yang meriwayatkan dari Zaid bin Aslam menyebutkan arti Ya Sin adalah salah satu dari asma Allah Ta'ala.

Membaca Surat Yasin 3 Kali
Membaca Surat Yasin 3 kali termasuk amalan yang sangat baik. Apalagi ketika membacanya disertai dengan bertawassul kepada Allah Ta'ala dengan berkat bacaan tersebut, semoga Allah (1) Memanjangkan umur, (2) Mengabulkan doa dan hajat, (3) Memberikan husnul khatimah kepada kita.

1. Memudahkan Urusan
Banyak Hadis yang membicarakan keutamaan Surat Yasin. Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan, setiap ada perkara sulit, kemudian dibacakan Surat Yasin maka Allah memudahkan perkara itu. Berikut keterangannya:

وَلِهَذَا قَالَ بَعْضُ الْعُلَمَاءِ: مِنْ خَصَائِصِ هَذِهِ السُّورَةِ: أَنَّهَا لَا تُقْرَأُ عِنْدَ أَمْرٍ عَسِيرٍ إِلَّا يَسَّرَهُ اللَّهُ. وَكَأَنَّ قِرَاءَتَهَا عِنْدَ الْمَيِّتِ لِتُنْزِلَ الرَّحْمَةَ وَالْبَرَكَةَ، وَلِيَسْهُلَ عَلَيْهِ خُرُوجُ الرُّوحِ، وَاللَّهُ أَعْلَمُ

Artinya: "Sebagian ulama berkata: 'Di antara keistimewaan surat ini (surat Yasin), sesungguhnya tidaklah Surat Yasin dibacakan pada suatu perkara suit, melainkan Allah memudahkannya. Seakan-akan dibacakannya surat Yasin di sisi orang yang sedang menghadapi ajalnya agar turun rahmat dan berkah serta memudahkan baginya keluarnya ruh." Wallahu A'lam.

2. Dikabulkannya Hajat dan doa
Manfaat membaca Surat Yasin secara rutin dapat mempermudah dikabulkan hajat dan doa. Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Daud dijelaskan:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: "Barangsiapa membaca Surat Yasin dan Ash-Shaffat pada malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Daud dari al-Habr). Meski sanadnya terputus dan tergolong lemah, para ulama membolehkan mengamalkannya untuk keutamaan beramal, asalkan tidak tergolong Hadis Maudhu'.

3. Diampuni Dosa-dosanya
Manfaat lain membaca Surat Yasin dapat menjadi sebab diampuninya dosa-dosa. Apalagi jika dibaca sebanyak 3 kali dengan mengharap ridho Allah. Berikut sabda Nabi shollallahu 'alaihi wasallam:

مَنْ قَرَأَ يس فِيْ لَيْلَةٍ اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ

Artinya: "Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah maka diampuni dosa-dosanya." (HR At Thabroni/145, 418 dan Al-Baihaqi/2360, 2361 dari Abu Huroiroh, Ad Darimi/3478 dari Hasan, Disahihkan oleh Ibnu Hibban/2626)

Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan: "Barang siapa yang membaca Surat Yasin di malam hari, maka pagi harinya dia diampuni..." (HR Abu Ya'la No 2467)

4. Meninggal dalam Keadaan Syahid
Dalam riwayat Imam At-Thabrani dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca Surat Yasin setiap malam maka ia akan dipermudah menghadapi ajal dan meninggal dalam keadaan syahid.

"Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid." (HR At-Thabrani dari Anas bin Malik)

Demikian faedah membaca Surat Yasin 3 kali. Semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2713 seconds (0.1#10.140)