3 Perkara yang Harus Dijauhi Orang Beriman, Nomor 1 Sering Tak Disadari

Selasa, 18 Oktober 2022 - 22:56 WIB
loading...
3 Perkara yang Harus Dijauhi Orang Beriman, Nomor 1 Sering Tak Disadari
Orang beriman dilarang untuk berkeluh kesah kepada orang lain, bersedih karena urusan duniawi dan menghormati orang lain karena kekayaannya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Di antara ciri orang beriman adalah selalu bersabar ketika menghadapi ujian (musibah). Kemudian bersyukur dan ridha atas segala ketetapan Allah.

Dalam Kitab Nashoihul 'Ibad karya Syaikh Nawawi Al-Bantani disebutkan ada tiga perkara yang harus dijauhi orang beriman. Dari tiga perkara ini, ada satu perkara yang sering tak disadari kaum muslim.

Berikut tiga perkara yang dimaksud oleh Syaikh Nawawi Al-Bantani:

من أصبح وهو يشكو ضيق المعاش فكأنما يشكو ربه، ومن أصبح لأمور الدنيا حزينا فقد أصبح ساخطا على الله، ومن تواضع لغني لغناه فقد ذهب ثلثا دينه

Artinya: "Barangsiapa di pagi hari mengeluhkan kesulitan hidupnya (kepada orang lain), berarti seakan-akan dia mengeluhkan Rabbnya. Barangsiapa di pagi hari bersedih karena urusan duniawinya, berarti sungguh di pagi itu dia tidak puas dengan ketetapan Allah. Barangsiapa menghormati seseorang karena kekayaannya, sesungguhnya telah hilang dua per tiga agamanya."

1. Berkeluh Kesah kepada Orang Lain
Salam satu Hadis yang diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud, beliau berkata: "Bukankah aku belum mengajarkan kepada kalian kalimat yang (pernah) diucapkan oleh Nabi Musa ketika menyeberangi lautan bersama Bani Israil? Maka kami menjawab: "Begitulah wahai Rasulullah." Lalu Beliau bersabda: "Ucapkanlah Allahumma lakal hamdu... hingga akhir" (Wahai Tuhanku, hanya bagi-Mu segala pujian, hanya kepada-Mu lah tempat mengadu. Engkaulah tempat meminta pertolongan, dan tiada daya dan upaya dan kekuatan melainkan hanya dengan pertolongan Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Agung."

2. Bersedih karena Urusan Duniawi
Orang yang bersedih dengan urusan duniawi dan merasa paling susah itu artinya ia tidak puas dan tidak ridho dengan ketetapan Allah. Sejatinya orang beriman harus bersyukur dalam setiap keadaan. Syaikh Abdul Qadir Jaelani pernah berkata: "Setiap mukmin harus senantiasa berada dalam 3 keadaan, yaitu (1) Melaksanakan perintah Allah. (2) Menjauhi larangan Allah. (3) Rela dan ridha akan Qadha dan Qadhar."

3. Menghormati Orang karena Hartanya
Orang yang beriman tidak boleh mengagungkan manusia karena hartanya. Sebab, sesungguhnya orang yang memuliakan harta akan menghinakan ilmu dan kemaslahatan. Hendaknya seseorang menghormati sesamanya karena ilmunya, karena lebih tua umurnya dan karena keislamannya di dalam batas-batas kemanusiaan. Orang yang merendahkan diri terhadap orang kaya termasuk perbuatan yang tidak terpuji.

Demikian tiga perkara yang harus dijauhi orang beriman. Semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam

Baca Juga: 3 Tanda Seseorang Merasakan Manisnya Iman
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2773 seconds (11.97#12.26)