7 Doa Penangkal Sihir dan Santet Bersumber dari Al-Qur'an dan Hadis

Minggu, 23 Oktober 2022 - 06:30 WIB
loading...
A A A
6. Membaca Ayat Kursi
Ayat Kursi menjadi media penyembuh dan benteng penjaga dari gangguan penyakit fisik dan psikis, seperti kejahatan sihir dan gangguan setan dan jin. Ayat ini sangat masyhur dan memiliki keutamaan agung. Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya ia (Ayat Kursi) adalah ayat yang sangat agung yang terdapat dalam Al-Qur'an."

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." (Surat Al-Baqarah ayat 255)

7. Membaca Surat Al-Mu'minun Ayat 97-98
Doa lain penangkal dan pengusir setan adalah doa yang terdapat dalam Al-Qur'an Surat Al-Mu'minun Ayat 97-98 berikut:

رَّبِّ اَعُوْذُ بِكَ مِنْ هَمَزٰتِ الشَّيٰطِيْنِۙ، وَاَعُوْذُ بِكَ رَبِّ اَنْ يَّحْضُرُوْنِ

Robbi a'udzubika min Hamazaatisy Syayaathin, wa a'udzubika Robbi Ayyahdhuruun.

Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan, dan aku berlindung kepada-Mu agar mereka tidak menyertaiku." (QS Al-Mu'minun: 97-98)

Selain tujuh doa di atas, Rasulullah SAW juga berpesan agar menghidupkan Surat Al-Baqarah di rumah. Beliau bersabda: "Sesungguhnya rumah yang di dalamnya dibacakan Surat Al-Baqarah tidak akan dimasuki setan." (HR Muslim 1300, at-Tirmizi 2802)

Kemudian Surat Al-Fatihah juga dapat menangkal sihir dan mengobati penyakit. Dikisahkan pada masa Rasulullah SAW, pembesar kampung pernah diruqyah sahabat Nabi dengan membaca Surat Al-Fatihah. Setelah dibacakan, pembesar kampung itu sembuh dari sakit akibat tersengat binatang berbisa.

Rasulullah SAW bersabda: "Al-Fatihah sebagai asy-Syifa (penawar) dari segala racun." (HR. At Tirmidzi 2878 dan Al Hakim dalam Al Mustadrok 2/259)

Demikian doa penangkal kejahatan sihir dan santet yang dapat kita amalkan. Semoga Allah melindungi kita dari kejahatan dan gangguan makhluk-Nya.



Wallahu A'lam
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)