Tata Cara Sholat Tasbih dan Keutamaannya

Senin, 31 Oktober 2022 - 23:19 WIB
loading...
Tata Cara Sholat Tasbih dan Keutamaannya
Sholat Tasbih termasuk di antara sholat sunnah yang memiliki fadhillah (keutamaan) sangat agung. Foto/dok Rusman Siregar
A A A
Sholat Tasbih adalah sholat sunnah 4 rakaat yang di dalamnya terdapat bacaan Tasbih sebanyak 300 kali. Sholat ini termasuk di antara sholat sunnah yang memiliki fadhilah agung.

Dalam buku "33 Macam Jenis Shalat Sunnah" karya Ustaz Muhammad Ajib Lc menjelaskan bahwa sholat Tasbih hukumnya sunnah menurut mayoritas ulama.

Keutamaan Sholat Tasbih
Para ulama mengatakan orang yang mengerjakan sholat tasbih maka Allah akan mengampuni semua dosa-dosanya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam Hadis panjang mengenai sholat Tasbih berikut.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma beliau berkata sesungguhnya Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam berkata kepada Abbas bin Abdul Mutthalib: "Wahai Abbas pamanku, sungguh aku akan memberimu, aku akan memberimu, aku akan memberimu dan aku akan melakukannya karena engkau. 10 perkara jika engkau melakukannya maka Allah akan mengampuni dosa-dosamu yang awal dan yang akhir, yang lama dan yang baru, yang tidak sengaja dan yang sengaja, yang kecil dan yang besar, yang sembunyi dan yang terang-terangan."

"Lakukanlah sholat 4 rakaat, dan pada setiap rakaat engkau membaca Surat Al-Fatihah dan surat lainnya, jika sudah selesai masih dalam keadaan berdiri ucapkanlah Tasbih "Subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallahu wallahu akbar" 15 kali. Kemudian ruku' dan bacalah Tasbih itu 10 kali. Lalu iktidal dan bacalah Tasbih itu 10 kali, lalu sujud dan bacalah Tasbih itu 10 kali. Kemudian duduk di antara 2 sujud dan bacalah Tasbih itu 10 kali, kemudian sujud lagi dan bacalah Tasbih itu 10 kali, kemudian duduk istirahat dan bacalah Tasbih itu 10 kali. Itulah 75 Tasbih dalam satu rakaat. Dan lakukanlah sampai 4 rakaat. Jika engkau mampu melakukannya setiap hari sekali maka lakukanlah. Jika tidak mampu maka setiap hari Jumat sekali, jka tidak mampu maka setiap sebulan sekali. Jika tidak mampu maka setahun sekali. Jika tidak mampu juga maka lakukanlah sekali dalam seumur hidupmu." (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah dan at-Tirmidzi)

Bahkan dalam Sahih Muslim disebutkan bahwa siapa yang membaca tasbih 100 kali maka dosa-dosanya diampuni oleh Allah. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu beliau berkata Sesungguhnya Nabi shollallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa membaca 'Subhanallahi wabihamdih' 100 kali dalam sehari maka dosa-dosanya diampuni walaupun sebanyak buih lautan." (HR Muslim)

Nah, apalagi sholat Tasbih yang di dalamnya kita membaca tasbih sebanyak 300 kali. Maka insya Allah dosa-dosa kita diampuni-Nya.

Tata Cara Sholat Tasbih
Tata cara sholat Tasbih sebagaimana dijelaskan Nabi shollallahu 'alaihi wasallam dalam hadis di atas, dikerjakan sebanyak 4 rakaat. Jika dikerjakan pada siang hari sebaiknya 4 rakaat dengan satu kali salam saja. Namun jika dikerjakan pada malam hari maka 4 rakaat dengan 2 kali salam.

1. Setiap rakaat membaca Tasbih 75 kali
2. Setelah membaca Al-Fatihah dan surat Al-Qur'an, dilanjutkan membaca tasbih 15 kali
3. Saat rukuk membaca tasbih 10 kali
4. Saat iktidal membaca tasbih 10 kali
5. Saat sujud pertama membaca tasbih 10 kali
6. Saat duduk diantara dua sujud membaca tasbih 10 kali
7. Saat sujud kedua membaca tasbih 10 kali
8. Saat bangun dari sujud (duduk istirahat)
membaca tasbih 10 kali.

Niat Sholat Tasbih

1. Niat Sholat Tasbih 4 Rakaat Sekali Salam

صَلِّيْ سُنَّةَ التَسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat Tasbiihi Arba'a rak'aatin Lillaahi ta'aalaa.
Artinya: "Aku sengaja sholat sunnah Tasbih empat rakaat karena Allah Ta'ala."

2. Niat Sholat Tasbih 4 Rakaat dengan Dua Kali Salam

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatat Tasbiihi rak'ataini Lillaahi ta'aalaa.
Artinya: "Aku menyengaja sholat sunnah tasbih dua rakaat karena Allah."

Bacaan Surat Setiap Rakaat
Imam as-Suyuti berkata dalam Kitab Al-Kalimu at-Thayyib wa al-Amalu as-Shalih mengenai bacaan surat ketika sholat Tasbih. Surat yang utama dibaca dalam 4 rakaat itu adalah membaca Surat at-Takaatsur, Al-'Ashr, Al-Kafirun dan Al-Ikhlas.

Baca Juga: Sholat Tasbih, Keutamaan dan Tata Caranya Menurut Ibnu Hajar Al-Haitami
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3307 seconds (10.55#12.26)