5 Manfaat Membaca Surat An Nas Setiap Hari

Selasa, 01 November 2022 - 21:48 WIB
loading...
5 Manfaat Membaca Surat An Nas Setiap Hari
Surat An Nas adalah salah satu surat terbaik yang dapat melindungi dan memelihara seseorang dari segala keburukan. Foto/Rusman H Siregar
A A A
Manfaat membaca Surat An Nas setiap hari perlu diketahui umat muslim. Surat An Nas termasuk salah satu surat terbaik dalam Al-Qur'an dan dinamakan Surat Al-Muawwidzatain bersama Surat Al-Falaq.

Surat ini terdiri atas 6 ayat termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah surat Al Falaq. Nama An-Naas diambil dari perkataan An Naas yang berulang kali disebut dalam surat ini yang artinya manusia.

Berikut 5 manfaat membaca Surat An Nas setiap hari:

1. Mengobati Penyakit Demam
Salah satu manfaat Surat An-Naas dapat menyembuhkan seseorang dari penyakit seperti demam tinggi. Asbabun Nuzul Surat An Nas dan Al-Falaq ini berkaitan dengan sakit yang dialami Nabi Muhammad SAW karena disihir orang Yahudi. Dalam Tafsir al-Qummi dan Tafsir Al-Burhan diceritakan, suatu ketika Nabi mengalami sakit demam yang tinggi, lalu Malaikat Jibril dan Mikail datang membawa Surat Al-Falaq dan An-Nas untuk menyembuhkan beliau. Malaikat Jibril membaca Surat Al-Falaq dan Malaikat Mikail membaca Surat An-Nas hingga beliau sembuh.

2. Pelindung dari Sihir
Surat An Nas juga berkhasiat menjaga seseorang dari sihir yang dilakukan orang-orang dengki. Jika surat ini dibaca bersama Surat Al-Falaq, maka seseorang akan dilindungi dari kejahatan sihir. Pada masa Nabi, Surat An-Naas dan Al-Falaq sering dibaca untuk melindungi perbuatan jahat dan sihir orang lain.

3. Pelindung dari Gangguan Setan Saat Tidur
Manfaat lain dari Surat An Nas dapat menjaga seseorang dari gangguan setan. Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha menceritakan kebiasaan Rasulullah SAW membaca 3 surat sebelum tidur yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas. "Bahwasanya Nabi Muhammad SAW apabila pergi ke tempat tidur setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangan beliau, kemudian meniupkan dalam terbukanya dan membaca Surat al-Ikhlas, Surat Al-Falaq dan Surat an-Nas. Kemudian dengan kedua telapak tangan itu, beliau mengusap tubuh beliau, dimulai dari kepala dan wajah serta anggota tubuh lainnya. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali." (HR Al-Bukhari)

4. Melindungi Seseorang dari Bahaya Penyakit 'Ain
Penyakit 'Ain adalah penyakit yang timbul dari pandangan mata yang dengki yang dapat mencelakai seseorang. Penyakit 'Ain ini mudah dideteksi, misalnya anak (bayi) suka menangis, rewel dan tiba-tiba panas demam. Atau seseorang yang mengalami demam, sakit perut, sakit kepala. Bagi yang pernah mengalami hal di atas dianjurkan membaca membaca Al-Fatihah dan Surah Al-Falaq dan An-Nas sebanyak 3 kali. Kemudian ditiupkan kepada yang sakit atau dengan memegang bagian tubuh yang sakit. Maka penyakitnya akan hilang dengan izin Allah.

5. Menjaga Seseorang dari Segala Keburukan
Dalam satu riwayat disebutkan, Rasulullah SAW pernah berkata kepada Ibnu '‘Abis, "Maukah engkau aku tunjukkan suatu perlindungan yang lebih utama dari perlindungan yang biasa diucapkan orang-orang?" "Tentu Ya Rasulullah," jawab Ibnu 'Abis.

Kemudian Nabi bersabda: "Qul a'uudzu birabbil falaq (katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh) dan Qul a'uudzu birabbinnaas (katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai manusia); yaitu dua surat ini."

Riwayat lain, beliau bersabda: "Wahai Ibnu Abbas, maukah kamu aku tunjukkan sesuatu yang paling baik digunakan untuk berlindung?" Ibnu Abbas menjawab: "Iya wahai Rasulullah." Beliau pun bersabda: "Qul a'udzu birabbil falaq dan Qul a'udzu birabbinnas, dua surah ini." (HR An-Nasa'i)

Surat An Naas dan Artinya

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ . مَلِكِ النَّاسِ . إِلَهِ النَّاسِ . مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ . الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ . مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Bismillaahir-rohmaanir-rohiim. Qul a'uudzu birobbin-naas. Malikin-naas. Ilaahin-naas. Minsyarril-waswaasil-khon-naas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin-naas. Minal-jinnati wan-naas.

Artinya: "Katakanlah: 'Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia." (QS An-Naas: 1-6)

Baca Juga: Bacaan Dzikir Al Matsurat yang Dianjurkan Dibaca Tiap Pagi

Wallahu A'lam
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3771 seconds (10.177#12.26)