20 Fakta Unik Masjidil Haram, Bangunan Termahal di Dunia Senilai 1.500 Triliun

loading...
20 Fakta Unik Masjidil Haram, Bangunan Termahal di Dunia Senilai 1.500 Triliun
Masjidil Haram Mekkah menyimpan akta-fakta unik, salah satunya menjadi bangunan termahal di dunia yang biaya pembangunannya mencapai Rp1.500 Triliun. Foto/dok itl.cat
Masjidil Haram Mekkah menduduki tempat paling mulia di muka bumi di samping Masjid Nabawi Madinah dan Masjid Al-Aqsha (Baitul Maqdish) di Palestina. Masjidil Haram merupakan tempat paling suci sekaligus kiblat bagi umat Islam di dunia.

Di dalamnya terdapat Ka'bah yang suci dan dimuliakan Allah. Masjid pertama di muka bumi ini memiliki fakta-fakta yang unik. Salah satunya menjadi bangunan termahal di dunia yang biaya pembangunannya sangat fantastis. Masjidil Haram sejak dibangun pertama kali oleh Nabi Ibrahim setelah itu mengalami banyak perkembangan dan perluasan.

Baca Juga: 10 Hotel Mewah di Sekitar Masjidil Haram

Perluasan Masjidil Haram pertama kali dilakukan oleh Umar bin Khattab dan kemudian diperluas oleh Khalifah berikutnya. Proyek pemugaran dilakukan pada masa kekhalifahan Islam dan kemudian renovasi besar-besaran pada masa kekuasaan raja-raja Saudi hingga Raja Salman bin Abdulaziz.

Berikut 20 fakta unik Masjidil Haram Mekkah yang bersumber dari kajian Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq dan beberapa sumber lainnya.

1. Masjid Pertama di Muka Bumi
20 Fakta Unik Masjidil Haram, Bangunan Termahal di Dunia Senilai 1.500 Triliun

Abu Dzar pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW. "Wahai Rasulullah, masjid apa yang pertama kali dibangun di muka bumi?" Beliau menjawab: "Masjid Al-Haram." Abu Dzar berkata: Lalu apalagi?" Beliau menjawab: "Masjid Al-Aqsha." Aku bertanya lagi: "Berapa lama jarak keduanya?” Beliau menjawab: "Empat puluh tahun." (HR Al-Bukhari 3186, Muslim 520)

Imam Ibnu Al-Jauzi menjelaskan, yang dibangun adalah fondasinya masjid. Adapun orang pertama yang membangun Ka'bah menurut Nash Al-Qur'an adalah Nabi Ibrahim 'alaihissalam. Riwayat lain menyebutkan pertama kali membangun Ka'bah adalah Nabi Adam, kemudian anak-anaknya menyebar di muka bumi. (Ibid)

2. Sholat di Masjidil Haram Lebih Utama 100 Ribu Kali dari Masjid Lain
Fakta selanjutnya, siapa yang sholat di Masjidil Haram akan mendapat keutamaan melebihi masjid-masjid lain di muka bumi. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Sholat di masjidku ini (Masjid An-Nabawi) lebih utama seribu kali dibanding masjid selainnya kecuali Masjidil Haram. Dan sholat di Masjidil Haram lebih utama 100.000 kali dari (masjid) selainnya." (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

3. Zona Larangan Terbang (No Fly Zone)
Bahwa kawasan Masjidil Haram terkhusus tepatnya di atas Ka'bah, diperlakukan aturan "No fly zone" atau larangan adanya pesawat melintas di atasnya. Ka'bah adalah sebuah bangunan yang terletak di tengah Masjidil Haram. Tempat ini merupakan tempat paling disucikan sekaligus menjadi kiblat sholat umat muslim di muka bumi.

4. Bangunan Termahal di Dunia
Masjidil Haram berada di puncak daftar bangunan termahal di muka bumi hingga saat ini. Pembangunan Masjid ini menelan biaya 100 Miliar Dollar AS atau setara Rp1.500 Triliun (kurs Rp15.000 per US Dolar). Nilai tersebut jauh di atas Menara Abraj Al-Bait di Kota Mekkah senilai 16 Miliar Dollar AS. Atau Resor mewah Marina Bay Sands Singapura senilai US$ 5,5 Miliar.

5. Memiliki Luas Setara 88 Kali Lapangan Bola
Memiliki luas 356.800 meter persegi, atau setara 88 kali lapangan bola. Saking luasnya, Masjidil Haram mampu menampung sekitar dua juta orang.

6. Buka 24 Jam Sehari
Buka 24 jam sehari, tidak pernah benar-benar ditutup selama lebih dari 1400 tahun, dan menerima 20 juta pengunjung setiap tahunnya. Kendati pernah ditutup untuk peziarah umum karena pandemi, Masjidil Haram tetap dibuka bagi orang-orang yang mendapat izin.

7. Lantai yang Sangat Sejuk
Lantai Majidil Haram berada di area terbuka akan selalu dingin meski tersengat di bawah teriknya matahari. Hal ini karena bahan marmer dan penanganannya yang khusus.

8. 'Hening' Saat Tanggal 9 Dzulhijjah
Masjidil Haram hanya mengalami "keheningan" hanya saat tanggal 9 Dzulhijjah. Yakni ketika waktunya berwuquf di Arafah. Di saat itu pula kiswah Ka'bah diganti.

9. Kain Kiswah dari Sutra dan Emas
Kain Kiswah penutup bangunan Kakbah memiliki luas 658 meter persegi. Terbuat dari sutera seberat 670 kilogram dan emas 15 kilogram.

10. 6.000 Pengkhutbah
Masjidil Haram memiliki 6.000 pengkhutbah dan 60 Muadzin.
20 Fakta Unik Masjidil Haram, Bangunan Termahal di Dunia Senilai 1.500 Triliun

11. Memiliki 2.000 Petugas Kebersihan
Ada sekitar 2.200 petugas kebersihan yang bertugas di Masjidil Haram. Mereka bekerja sangat sigap dan terlatih. Saat berbuka di bulan puasa, hanya dibutuhkan waktu 2 menit untuk membersihkan kembali sisa makanan hingga tiba kumandang iqamah shalat Maghrib.

12. Terdapat 1.500 Tempat Penampungan Sampah
Kebersihan masjid ini jangan ditanya. Terdapat 1.500 tempat penampungan sampah, yang mana dikeluarkan 30 ton sampah setiap harinya.

13. Memiliki 40 Mobil Pembersih Sanitasi Listrik
Masjidil Haram juga memiliki 40 mobil pembersih sanitasi listrik dan 60 mesin saniter listrik untuk membersihkan halaman terbuka dan 2000 barel sanitasi yang tersebar di seluruh tempat.

14. Lantai Masjid Ditutupi 40.000 Karpet
Lantai Masjidil Haram ditutupi dengan 40.000 karpet. Ini berarti lebih panjang dari jarak antara Jeddah dan Mekkah 79 Km.
20 Fakta Unik Masjidil Haram, Bangunan Termahal di Dunia Senilai 1.500 Triliun

15. Memiliki 2.000 Toilet
Memiliki 2.000 toilet lebih yang digunakan setiap hari dan yang dibersihkan setiap 6 jam sekali.

16. Memiliki 25.000 Dispenser Air
Ada 25.000 dispenser air tersebar di dalamnya menjadikan Masjidil Haram sebagai salah satu sistem pengeluaran air terbesar di dunia.
halaman ke-1
preload video