Kumpulan Artikel: Masjidil Haram

  • Arab Saudi Izinkan Akad Nikah di Masjidilharam dan Masjid Nabawi
    Dunia Islam
    Senin, 29 Januari 2024 - 08:37 WIB
    Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengizinkan pelaksanaan akad nikah di Masjidilharam Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Silakan bagi muslim yang berminat.
  • Kisah Rasulullah SAW Menanti Peralihan Kiblat Salat dari Baitul Maqdis ke Kakbah
    Hikmah
    Jum'at, 05 Januari 2024 - 10:13 WIB
    Dikisahkah bahwa Nabi Muhammad SAW berdiri menghadap langit setiap hari menunggu wahyu turun perihal peralihan kiblat itu seperti digambarkan dalam Surat Al-Baqarah ayat 144.
  • Apakah Orang Kafir Boleh Masuk Tanah Haram? Simak Penjelasan Lengkapnya
    Hikmah
    Kamis, 16 November 2023 - 17:37 WIB
    Tanah Haram atau Masjidil Haram di Makkah dan Madinah menjadi tempat istimewa bagi setiap muslim. Saking istimewanya, bahkan hingga disebutkan jika orang kafir tidak diperbolehkan masuk ke dalamnya.
  • Masjidilharam Buka Tempat Penitipan Anak untuk Buah Hati Jemaah Haji
    Dunia Islam
    Minggu, 02 Juli 2023 - 19:09 WIB
    Ini adalah pusat penitipan anak pertama di masjid yang menawarkan layanan 24 jam bagi jemaah untuk membantu mereka melakukan ibadah dengan nyaman dan tenang. Hanya tiga jam pertama yang gratis.
  • Kakbah di Era Ottoman: Ada Penambahan Fitur Karya Mimar Sinan
    Dunia Islam
    Rabu, 28 Juni 2023 - 04:57 WIB
    Pada tahun 1571, Sultan Selim II menugaskan Mimar Sinan untuk menambah fitur, memperkenalkan kubah kecil bergaya Ottoman tradisional untuk menghiasi atap datar halaman masjid.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Sebelum Islam, Kakbah Jadi Tempat Berlindung Suku-Suku yang Bertikai
    Hikmah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 07:49 WIB
    Sebelum Islam, Kakbah dianggap sebagai tempat perlindungan oleh suku-suku yang bertikai di wilayah tersebut - sebuah tempat perdamaian di mana perbedaan suku akan dikesampingkan.
  • Demi Keamanan dan Keselamatan, Jemaah Diimbau Tidak Salat Jumat di Masjidilharam
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Juni 2023 - 21:11 WIB
    Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid mengatakan jemaah haji sebaiknya tidak ke Masjidilharam untuk Salat Jumat.
  • Burung di Masjidilharam, Sejarawan Bilang Keturunan Merpati dari Gua Tsur
    Dunia Islam
    Rabu, 21 Juni 2023 - 08:02 WIB
    Burung-burung di Masjidilharam dikenal dengan banyak nama: ada merpati suaka, merpati demam, dan merpati pendiam. Konon di antara mereka adalah merpati yang bersaran di mulut Gua Tsur.
  • 4.000 Orang Pekerja Bertugas Bersihkan Masjidilharam 10 Kali Sehari selama Musim Haji
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Juni 2023 - 14:19 WIB
    Presidensi Umum mengerahkan sebanyak 4.000 orang yang bertugas membersihkan Masjidilharam tidak kurang dari 10 kali sehari, memastikan kebersihan dan kebersihan tempat suci ini.
  • Dua Pendapat soal Hukum Non-Muslim Memasuki Masjidilharam
    Hikmah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 13:36 WIB
    Para ulama berbeda pendapat terkait hukum non-muslim memasuki Masjidilharam. Dalam hal ini setidaknya ada dua pendapat. Pertama melarang. Pendapat kedua, membolehkan.
  • Adab yang Diajarkan Imam al-Ghazali ketika Memasuki Masjidilharam
    Tips
    Selasa, 20 Juni 2023 - 13:27 WIB
    Imam al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin menyebutkan bahwa termasuk adab yang harus dilakukan oleh orang yang haji atau umrah yaitu ketika memasuki Masjidil Haram hendaknya memasukinya dari pintu Bani Syaibah.
  • Keagungan Kakbah dan Doa untuk Perdamaian Dunia
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 15:38 WIB
    Kota Suci dengan segala keagungan dan kemuliannya senantiasa mencakup beberapa tempat yang diagungkan pula. Ia memiliki daerah-daerah yang penuh berkah dan mempunyai tanda-tanda nyata.
  • 35.000 Mushaf Al-Quran di Masjidilharam Diganti dengan Yang Baru
    Dunia Islam
    Rabu, 14 Juni 2023 - 11:33 WIB
    Departemen Urusan Al-Quran dari Kepresidenan Umum Masjidilharam dan Masjid Nabawi mengganti 35.000 salinan Al-Quran dengan yang baru menjelang musim haji tahunan.
  • Arab Saudi Ungkap Proyek Perluasan Masjidilharam Habiskan Rp784 Triliun!
    Dunia Islam
    Rabu, 14 Juni 2023 - 10:22 WIB
    Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi mengungkap perluasan Masjidilharam di Makkah menghabiskan lebih dari SR200 miliar atau US53 miliar. Jumlah itu jika dirupiahkan setara dengan Rp784 triliun.
  • 2 Bulan Sabit Baru Dipasang di Menara Masjidilharam
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Juni 2023 - 09:30 WIB
    Dua bulan sabit baru telah dipasang di menara dekat Gerbang Raja Abdulaziz di Masjidil Haram di Makkah. Bulan sabit ini terbuat dari serat karbon yang dibentuk di sekitar struktur besi internal.
  • Sektor Khusus Masjidilharam Siapkan 9 Posko, 24 Jam Layani Jemaah Haji
    Dunia Islam
    Selasa, 06 Juni 2023 - 23:22 WIB
    Lima hari sejak kedatangan jemaah haji Indonesia di Makkah, para petugas Sektor Khusus telah diterjunkan untuk membantu jemaah.
  • Jemaah Haji Diimbau Pakai Jasa Kursi Roda Resmi di Masjidilharam
    Dunia Islam
    Minggu, 04 Juni 2023 - 22:14 WIB
    Jemaah haji diimbau menggunakan jasa kursi roda resmi saat tawaf dan sai di Masjidilharam. Imbauan tersebut menyusul adanya lima jemaah haji lanjut usia (lansia) yang diamankan karena menggunakan jasa pendorong kursi roda ilegal. Lima jemaah lansia itu berasal dari Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG).
  • Pahala Mencium Hajar Aswad dari Jarak Jauh Bagi Jemaah Lansia
    Hikmah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 12:57 WIB
    Mengusap (istislam) dan mencium Hajar Aswad di Masjidilharama merupakan impian semua jemaah haji dan umrah. Namun, kondisi fisik yang tidak memungkinkan dan padatnya jemaah membuat keinginan itu sulit diwujudkan.
  • Salat Jumat Perdana di Masjidilharam, Kadaker Imbau Jemaah Jangan Sampai Kelelahan
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 15:28 WIB
    Jemaah haji Indonesia yang telah tiba di Makkah, Jumat (2/6/2023) hari ini. Mereka akan melaksanakan salat Jumat perdana di Masjidilharam.
  • Ini Tarif Sewa Skuter dan Kursi Roda untuk Tawaf dan Sai di Masjidil Haram
    Dunia Islam
    Kamis, 01 Juni 2023 - 20:53 WIB
    Jemaah haji khususnya lanjut usia (lansia) bisa memanfaatkan layanan sewa skuter dan kursi roda di Masjidil Haram untuk Tawaf dan Sai. Pengelola Masjidil Haram telah menyediakan jalur khusus bagi jemaah yang menggunakan skuter.