Surat Al-Mulk Ayat 13, Asbabun Nuzul dan Hikmahnya

loading...
Surat Al-Mulk Ayat 13, Asbabun Nuzul dan Hikmahnya
Ada banyak hikmah dan pelajaran berharga dalam Surat Al-Mulk sehingga membuatnya istimewa. Foto/Ist
Surat Al-Mulk adalah salah satu surat terbaik dalam Al-Qur'an yang fadhilahnya mendatangkan syafa'at bagi pembacanya. Ada banyak hikmah dan pelajaran dalam surat ini sehingga membuatnya istimewa.

Di antaranya kekuasaan Allah menciptakan langit dan petunjuk hidup bagi manusia. Pada Surat ini Allah juga menegaskan keagungan-Nya. Dia Maha mengetahui segala isi hati manusia sebagaimana firman-Nya dalam Surat Al-Mulk.

Berikut hikmah dan Asbabun Nuzul Al-Mulk ayat 13:

وَاَسِرُّوۡا قَوۡلَـكُمۡ اَوِ اجۡهَرُوۡا بِهٖؕ اِنَّهٗ عَلِيۡمٌۢ بِذَاتِ الصُّدُوۡرِ

Wa asirruu qawlakum awijharuu bihii, innahuu 'aliimum bidzaatish shuduur.

Artinya: "Dan rahasiakanlah perkataanmu atau nyatakanlah. Sungguh, Dia Maha Mengetahui segala isi hati." (QS Al-Mulk ayat 13)

Asbabun Nuzul
Ayat ini turun sebagai respons atas sikap gunjingan kaum musyrik terhadap Rasulullah SAW. Mereka saling merendahkan bahkan merahasiakan ucapan mereka agar tidak didengar Tuhan Nabi Muhammad.

Menurut riwayat Ibnu 'Abbas sebagaimana dikutip dari Tafsir Kemenag dijelaskan, "Pada suatu ketika orang-orang musyrikin mempergunjingkan Nabi Muhammad SAW dan menjelek-jelekkannya, maka Allah menurunkan kepada beliau semua yang dibicarakan mereka itu. Lalu sebagian mereka berkata kepada sebagian yang lain: "Rendahkanlah suaramu agar kata-katamu tidak didengar oleh Tuhan Muhammad."

Maka turunlah ayat ini, antara lain menjelaskan bahwa tidak ada suatu apa pun yang luput dari pengetahuan Allah. Pada ayat ini, Allah kembali menjelaskan bahwa Dia mengetahui segala yang dirahasiakan dan segala yang dilahirkan oleh hamba-hamba-Nya, baik berupa perkataan, perbuatan, dan segala yang dirasakan oleh hati dan panca indera.

Hikmah
Hikmah yang dapat kita petik dari ayat ini bahwa tidak ada yang luput sedikit pun dari pengetahuan Allah. Dari ayat ini dapat pula diambil kesimpulan bahwa setiap doa yang dipanjatkan kepada Allah, baik dengan suara keras, berbisik, lemah-lembut maupun dengan gerakan hati akan diketahui oleh Allah Yang Maha Agung.

Baca Juga: Surat Al-Mulk Ayat 12: Orang yang Mendapat Ampunan dan Pahala Besar

Wallahu A'lam
(rhs)
preload video