Ada Ribuan Mukjizat Rasulullah Selain Al-Qur'an, Ini yang Diungkap Ulama

loading...
Ada Ribuan Mukjizat Rasulullah Selain Al-Quran, Ini yang Diungkap Ulama
Selain Al-Quran al Karim, ada banyak mukjizat Nabi Muhammad SAW yang telah dikenali di kalangan umat, tetapi masih lebih banyak lagi mukjizat yang manusia tidak tahu. Foto ilustrasi/ist
Allah Subhanahu wa Ta'ala mendukung dan menguatkan Nabi Muhammad Shallalahu 'Alaihi wa Sallam dengan mukjizat-mukjizat yang nyata dan ayat-ayat yang jelas. Di antara mukjizat-mukjizat tersebut ada yang terbesar dan termulia, yakni Al-Qur-an.

Dalam buku Al-Wafa bi Ahwal Al Musthofa, Imam Ibnu Jauzi mengatakan bahwa Al Qur'an diturunkan dengan bahasa terindah dan mengagumkan yang mengalahkan semua bahasa dan syair-ayair di jazirah Arab kala itu. Bahkan para penyair terkenal mengatakan bahwa bahasa yang disampaikan Al-Qur'an bukanlah ditulis oleh manusia. Semua pasti kagum, tercengang, dan tetarik untuk mendengar Al-Qur'an.

Baca juga: Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Dikisahkan dalam Hadis Sahih

وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَىٰ إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَىٰ


“Dan tidaklah yang diucapkannya itu (Al-Qur-an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” (QS. An-Najm : 3-4)

Bahkan isi Al-Qur'an mendapat penjagaan langsung dari Allah Ta'ala sehingga tidak mungkin ditambahi atau dikurangi atau dimanupulasi oleh tangan-tangam manusia. Kemurniannya terjaga. Kebenaran yang terkandung di dalam kitab suci ini, disampaikan dengan keindahan bahasa dan rima-rima syair yang langsung turun dari langit sejak 1400 tahun lampau tanpa sedikitpun yang berubah. Al-Qur'an adalah pentunjuk bagi manusia dari kesesatan dan obat hati semua umat manusia.

Al-Qur'an adalah mukjizat Nabi Shalallahu 'Alaihi wa Sallam yang istimewa karena tetapa ada terus meski pun Nabi Shallalahu 'Alaihi wa Salam wafat, keberadaannya hingga akhir zaman. Al-Qur'an juga penyempurna kitab-kitab Allah kepada para nabi sebelumnya dan mampu menceritakan kejadian ribuan tahun yang lalu dan mengabarkan kejadian yang akan datang yang ghaib maupun yang nyata.

Namun, selain Al-Qur'an al Karim, ada banyak mukjizat Nabi Shallalahu 'Alaihi wa Salam yang telah dikenali di kalangan umat. Tapi masih lebih banyak lagi mukjizat yang manusia tidak tahu. Sebagian ulama berkata, bahwa Beliau Shallalahu 'Alaihi wa Sallam telah diberi tiga ribu mukjizat, selain Al-Qur’an. Adapun Al-Qur’an di dalamnya kurang lebih ada enam puluh atau tujuh puluh ribu mukjizat.

Mukjizat Rasulullah Shallalahu 'Alaihi wa Sallam yang lain antara lain :

1. Mukjizat membelah bulan.
Ibnu Mas'ud meriwayatkan, bulan terbelah menjadi dua pada masa Rasulullah Shallalahu 'Alaihi wa Sallam dan semua orang melihatnya dengan jelas. Lalu Rasulullah berseru : "Bersaksilah kalian (untuk masuk Islam)." (HR. Bukhari dan Baehaqi)

2. Mukjizat memperbanyak makanan.
Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Jabir bin Abdullah bahwa Rasulullah memperbanyak makanan di rumah di rumah Jabir bin Abdullah setelah meninggalkan khandaq (ketika membuat parit, dalam rangka perang khandaq).
Yakni, ketika keluarga Jabir membuat sedikit makanan hanya untuk Rasulullah, namun Rasulullah memerintahkan semua orang berkumpul dengan makanan yang sedikit itu, dan ternyata semua kebagian, bahkan datang rombongan yang lain lagi.

3. Mukjizat memperbanyak lauk pauk
Diriwayatkan dari Imam Muslim bahwa Rasulullah mendapat kiriman lauk pauk dari ibunda Anas bin Malik, Ummu Sulaim. Tapi lauk pauknya sangat sedikit. Tapi Rasulullah meminta semua sahabat yang hadir di samping Rasulullah saat itu, ikut menikmati lauk pauk tersebut dan ternyata cukup.

4. Mukjizat memperbanyak buah kurma

5. Mukjizat air bertambah banyak
Dalam sebuah perjalanan, Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallamdan para shahabatnya keabisan bekal air. Padahal waktu itu air berjarak jauh dari mereka. Lalu mereka bertemu seorang wanita yang membawa sedikit air. Lalu Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallammengusap kantung air milik wanita tersebut. Kemudian para sahabat yang kehausan itu minum. Jumlah mereka ada 40 orang. Stelah puas minum, mreka mengisi kantung air masing-masing sampai penuh juga. (HR. Bukhari)

6. Mukjizat air memancar dari jari-jari beliau, baik untuk wudhu maupun minum
7. Mukjizat memperbanyak air susu kambing/sapi.
8. Mukjizat pohon mendekat mendatangi Rasulullah
9. Mukjizat gunung bergerak dan diam atas perintah Rasulullah
10. Mukjizat Rasulullah menerima pengaduan dari hewan ternak
11. Mukjizat mempercepat lari hewan tunggangan
12. Mukjizat menutupi pandangan kaum muslimin yang hendak mencelekai Beliau Shallalahu 'Alaihi wa Sallam
13. Mukjizat berjalan hancur setelah ditunjuk Nabi Shallalahu 'Alaihi wa Sallam
14. Mukjizat mengabarkan atauenginformasikan hal-hal yang belum terjadi
15. Batu keras menjadi lunak
16. Batang pohon merintih kepada Shallalahu 'Alaihi wa Sallam
17. Kerikil bertasbih di tangan Nabi Shallalahu 'Alaihi wa Sallam
18. Orang yang menzalimi Beliau Shallalahu 'Alaihi wa Sallam pasti cepat dan segera binasa
19. Binatang buas tidak mau mendekat
20. Mukjizat menyembuhkan mata sahabat yang cacat
21. Dinding berbicara di hadapan Nabi Shallalahu 'Alaihi wa Sallam
22. Dapat melihat dari belakang jika ada yang hendak menyakiti Beliau Shallalahu 'Alaihi wa Sallam dari belakang
23. Kadal dan kijang dapat berbicara dengan Nabi Shallalahu 'Alaihi wa Sallam
24. Rasulullah dapat melihat dengan jelas di kegelapan malam
25. Mukjizat doanya selalu mustajab
26. Mengunjungi langit, surga, dan neraka dalam satu malam (Isra' Mi'raj)
27 dan seterusnya.., masih banyak lagi mukjizat Rasulullah Shallalahu 'Alaihi wa Sallam

Baca juga: Mengapa Rasulullah SAW Tidak Memakai Mukjizat Suprarasional untuk Buktikan Kebenaran Ajarannya?

Wallahu A'lam
(wid)
preload video