Profil Ghanim Al-Muftah Pelantun Surat Al-Hujurat Ayat 13 di Pembukaan Piala Dunia 2022

loading...
Profil Ghanim Al-Muftah Pelantun Surat Al-Hujurat Ayat 13 di Pembukaan Piala Dunia 2022
Ghanim Al-Muftah. Foto/Ilustrasi: ghanimalmuftah.org
Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt, Al Khor, pada Minggu malam (20/11/2022) telah mengapungkan sosok Ghanim Al-Muftah . Brand Ambassador Piala Dunia 2022 itu tampil melantunkan ayat suci Al-Qur'an, yakni Surat Al-Hujurat ayat 13.
Pilihan ayat ini tepat untuk event yang melibatkan banyak manusia dari berbagai penjuru dunia itu.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja'alnākum syu'ụbaw wa qabā`ila lita'ārafụ, inna akramakum 'indallāhi atqākum, innallāha 'alīmun khabīr

Artinya: Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. ( QS Al-Hujurat : 13)

Baca juga: Jungkook Tampil di Upacara Pembukaan Piala Dunia 2022

Pada acara akbar tersebut, Ghanim Al-Muftah juga berbagi panggung dengan bintang Hollywood Morgan Freeman kala menampilkan monolog. Lalu siapa Ghanim Al-Muftah?

Lelaki kelahiran 5 Mei 2002 ini adalah seorang motivator. Ia aktif membagikan konten motivasi melalui jaringan YouTube. Selain itu, dia juga aktif di sejumlah akun media sosial miliknya. Kini, Ghanim telah memiliki 3,3 juta pengikut di Instagram dan 816.000 subscriber di YouTube.

Ia lahir dengan kondisi langka yang dikenal sebagai Caudal Regression Syndrome (CDS). Kondisi itu menyebabkan Ghanim lahir tanpa bagian bawah tubuhnya.

Ia telah belajar mengatasi rintangan dengan kepositifan dan kepemimpinan, inilah yang membuatnya menjadi karakter yang luar biasa dan menginspirasi.

Kini, Ghanim tengah menyelesaikan gelar sarjana di universitasnya, jurusan ilmu politik. Cita-citanya menjadi diplomat. Meskipun cacat, Ghanim senang berpartisipasi dalam olahraga ekstrim seperti scuba diving, skateboard, dan panjat tebing.

Kisahnya mengundang inspirasi banyak kalangan. Kekurannya itu tak mengurangi semangat hidupnya.

Baca juga: Presiden Palestina Diam-diam Ada di Qatar untuk Pembukaan Piala Dunia

Wirausahawan
Ghanim memiliki jiwa wirausaha yang kuat. Ia adalah pengusaha Qatar termuda yang lumayan sukses. Menggunakan resep rahasia ibunya, Ghanim meluncurkan Gharissa Ice Cream, sebuah perusahaan yang berbasis di Qatar.

Ghanim telah memperoleh hak waralaba untuk Gharissa Ice Cream. Ia berharap bisa memperluas waralaba ke luar negeri dan di seluruh wilayah Teluk. Ia bersikeras untuk terus maju dalam menciptakan pekerjaan di masa depan.

Ghanim selalu memiliki sikap “go getter” dalam hidup, bahkan dalam hal kecacatannya. Ghanim percaya ketika kegiatan kewirausahaan dilakukan di antara kelompok-kelompok yang sangat rentan di pasar tenaga kerja, efek penggandaan dari nilai ini dibuat eksplisit di masyarakat pada umumnya, dan di kelompok penyandang disabilitas pada khususnya.

Di luar sebagai Brand Ambassador Piala Dunia 2022, Ghanim kerap ditunjuk menjadi duta besar pada sejumlah ajang maupun organisasi. Beberapa di antaranya yakni Duta Besar Kebaikan dan Kemanusiaan oleh Regulatory Authority for Charitable Activities (RACA) Qatar dan Duta Besar Paralympics Athletics World Champions 2015. Ghanim Al-Muftah juga mendapat gelar Duta Perdamaian dari Emir of Kuwait Sheikh Sabah Al-Ahmad Al-Sabah pada 2015 silam.

Baca juga: Mengenal Qatar, Negara Kaya di Timur Tengah
(mhy)
preload video