Banyak Terjadi Gempa Bumi, Salah Satu Tanda Kiamat Sudah Dekat

loading...
Banyak Terjadi Gempa Bumi, Salah Satu Tanda Kiamat Sudah Dekat
Tanda-tanda kiamat salah satunya adalah seringnya terjadi gempa bumi. Foto/Ilustrasi: Dok. SINDOnews
Banyak terjadi gempa bumi ada hubungannya bahwa kiamat sudah dekat. Yusuf bin Abdillah bin Yusuf "al-Wabil dalam kitab Asyraathus Saa’ah" mengatakan bahwa hal ini diinformasikan sejumlah hadis Nabi Muhammad SAW .

Salah satu hadis itu dari Abu Hurairah ra . Beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَكْثُرَ الزَّلاَزِلُ

‘Tidak akan tiba hari Kiamat hingga banyak terjadi gempa bumi.’” (HR Bukhari )

Baca juga: Gempa M5,6 di Cianjur, BMKG: Gempa Bumi Dangkal yang Memicu Pergerakan

Selain itu juga hadis dari Salamah bin Nufail as-Sakuni ra. Beliau berkata:

كُنَّا جُلُوسًا عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. (وَذَكَرَ الْحَدِيْثَ وَفِيْهِ) وَبَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ مُوتَانٌ شَدِيدٌ وَبَعْدَهُ سَنَوَاتُ الزَّلاَزِلِ.

“Kami pernah duduk-duduk bersama Rasulullah SAW… (lalu beliau menuturkan hadisnya) dan sebelum Kiamat ada dua kematian yang sangat dahsyat, dan setelahnya terjadi tahun-tahun yang dipenuhi dengan gempa bumi.” (Musnad Iam Ahmad)

Ibnu Hajar dalam Fat-hul Baari mengaakan telah terjadi banyak gempa di negeri-negeri bagian utara, timur, dan barat. "Namun yang jelas bahwa yang dimaksud dengan banyaknya gempa adalah cakupannya yang menyeluruh dan terjadi secara terus-menerus,” ujarnya.

Baca juga: Inilah Tanda-tanda Kiamat Besar dan Kiamat Kecil

Hal ini diperkuat dengan riwayat dari ‘Abdullah bin Hawalah ra, beliau berkata:

وَضَعَ رَسُـوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدَيْ عَلَى رَأْسِي -أَوْ عَلىَ هَامَتِي- فَقَالَ: يَا ابْـنَ حَوَالَةَ! إِذَا رَأَيْتَ الْخِلاَفَةَ قَدْ نَزَلَتِ الأَرْضَ الْمُقَدَّسَةَ، فَقَدْ دَنَتِ الزَّلاَزِلُ وَالْبَلاَيَـا وَاْلأُمُورُ الْعِظَامُ، وَالسَّاعَةُ يَوْمَئِذٍ أَقْرَبُ إِلَى النَّاسِ مِنْ يَدَيَّ هَذِهِ مِنْ رَأْسِكَ.

Rasulullah SAW meletakkan kedua tangannya di atas kepalaku, lalu beliau berkata, ‘Wahai Ibnu Hawalah! Jika engkau melihat kekhilafahan telah turun di atas bumi-bumi yang disucikan, maka telah dekatlah gempa, bencana dan masalah-masalah besar, dan hari Kiamat saat itu lebih dekat kepada manusia daripada dekatnya kedua tanganku ini dari kepalamu.’” (Musnad Ahmad)

Baca juga: Api Penggiring, Tanda Kiamat yang Muncul dari Yaman
(mhy)
preload video