Manfaat dan Kebaikan Syariat Jilbab yang Perlu Diketahui Muslimah

Kamis, 24 November 2022 - 07:41 WIB
loading...
A A A
“Aku melihat ada perempuan digantung rambutnya, otaknya mendidih. Perempuan tersebut adalah perempuan yang mengumbar dan mempertontonkan rambutnya kepada laki-laki selain suaminya. Perempuan ini mukanya akan menghitam dan memakan isi perutnya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Mendidik akhlak agar lebih baik

Semua perempuan muslim tentu ingin menjadi shaleha, ingin menjadi pribadi yang taat pada agama dan dicintai Allah Ta’ala. Nah, salah satu cara menjadi wanita saleha menurut islam adalah mengenakan jilbab . Kemudian juga dibarengi dengan memperbaiki akhlak. Dengan begitu kita bisa menjadi perhiasaan dunia.

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam : “Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita saleha.” (HR. Muslim).

4. Menjaga kehormatan diri

Tak dapat dipungkiri, banyak kejadian pelecehan terhadap perempuan di lingkungan masyarakat kita. Mungkin kita pernah melihat atau mendengar, seorang perempuan yang marah-marah karena digoda atau dicolek seorang pria. Kalau mau jujur, mungkin hal itu bukanlah sepenuhnya salah si pria. Perempuan juga harus koreksi diri sendiri. Karena wanita merupakan fitnah (godaan) terbesar bagi laki-laki.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, “Sepeninggalku tak ada fitnah yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada wanita.” (HR. Bukhari)

5.Memelihara kecemburuan laki-laki

Sifat cemburu adalah sifat yang telah Allah Subhanahu wa ta'ala tanamkan kepada hati laki-laki agar lebih menjaga harga diri perempuan yang menjadi mahramnya. Cemburu merupakan sifat terpuji dalam Islam.

“Allah itu cemburu dan orang beriman juga cemburu. Kecemburuan Allah adalah apabila seorang mukmin menghampiri apa yang diharamkan-Nya.” (HR. Muslim)

Bila jilbab ditanggalkan, rasa cemburu laki-laki akan hilang. Sehingga jika terjadi pelecehan tidak ada yang akan membela.

6. Memperoleh jodoh yang baik

Biasanya perempuan yang berjilbab lalu akhlaknya juga baik, maka ia dikagumi banyak orang. Khususnya para pria yang juga beriman. Sebagaimana janji Allah Ta’ala bahwa wanita baik untuk laki-laki yang baik, begitupun sebaliknya. Dijelaskan dalam Al-Qur'an:

“Perempuan yang keji adalah untuk laki-laki yang keji. Dan laki-laki yang keji untuk perempuan yang keji pula. Perempuan yang baik adalah untuk laki-laki yang baik. Dan laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik pula.” (QS. An Nur: 26)

Demikianlah, beberapa manfaat jilbab dan hijab menurut pandangan agama Islam.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3586 seconds (0.1#10.140)