3 Keutamaan Menyedekahkan Pakaian Lama yang Tidak Dipakai

Rabu, 07 Desember 2022 - 15:33 WIB
loading...
3 Keutamaan Menyedekahkan Pakaian Lama yang Tidak Dipakai
Orang yang memiliki pakaian baru kemudian mensedekahkan pakaian lamanya maka ia akan mendapatkan tiga keutamaan. Foto/dok sedekah baju
A A A
Jika Anda memiliki pakaian lama yang tidak dipakai, jangan biarkan menumpuk di lemari atau membuangnya begitu saja. Berikut keutamaan menyedekahkan pakaian lama setelah memiliki pakaian baru.

Orang yang memiliki (membeli) pakaian baru kemudian menyedekahkan pakaian lamanya maka ia akan mendapatkan tiga keutamaan, yaitu:
1. Berada dalam jaminan Allah
2. Akan memiliki kedudukan yang dekat dengan Allah.
3. Berada dalam pemeliharaan Allah selama hidup dan matinya.

وقال الإمام أحمد : حدثنا يزيد بن هارون ، حدثنا أصبغ ، عن أبي العلاء الشامي قال : لبس أبو أمامة ثوبا جديدا ، فلما بلغ ترقوته قال : الحمد لله الذي كساني ما أواري به عورتي ، وأتجمل به في حياتي . ثم قال : سمعت عمر بن الخطاب يقول : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " من استجد ثوبا فلبسه فقال حين يبلغ ترقوته : الحمد لله الذي كساني ما أواري به عورتي ، وأتجمل به في حياتي ثم عمد إلى الثوب الذي خلق أو ألقى فتصدق به ، كان في ذمة الله ، وفي جوار الله ، وفي كنف الله حيا وميتا ، حيا وميتا ، حيا وميتا "

Artinya: "Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yazid ibnu Harun, telah menceritakan kepada kami Asbag, dari Abul Ala Asy-Syami yang menceritakan bahwa Abu Umamah memakai pakaian baru, ketika pakaiannya sampai pada tenggorokannya, ia mengucapkan doa berikut: 'Segala puji bagi Allah yang telah memberi saya pakaian untuk menutupi aurat saya dan untuk memperindah penampilan dalam hidup saya. Kemudian Abu Umamah mengatakan, ia pernah mendengar Umar bin Khattab bercerita bahwa ia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa memakai pakaian baru dan di saat memakainya hingga sampai pada tenggorokannya ia mengucapkan doa berikut, "Segala puji bagi Allah yang telah memberi saya pakaian untuk menutupi aurat saya dan untuk memperindah penampilan dalam hidup saya," kemudian ia menuju ke pakaian bekasnya dan menyedekahkannya, maka ia berada di dalam jaminan Allah dan memiliki kedudukan yang dekat dengan Allah serta berada di dalam pemeliharaan Allah selama hidup dan mati(nya)."

Dalam Tafsir Ibnu Katsir diterangkan jika seseorang memiliki pakaian baru, maka hendakanya berdoa dengan doa ini:

الحمد لله الذي كساني ما أواري به عورتي ، وأتجمل به في حياتي

Alhamdulillaahil-ladzii Kasanii Maa Uwaarii bihi 'Auroti, wa Atajammalu bihi fii hayaati.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi saya pakaian untuk menutupi aurat saya dan untuk memperindah penampilan dalam hidup saya."

Demikian keutamaan sedekah pakaian. Dalam hadis disebutkan bahwa di antara fadhillah sedekah dapat menyembuhkan sakit dan menolak bala serta musibah.

Baca Juga: Hukum Bersedekah untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2054 seconds (11.252#12.26)