Doa saat Terbangun di Tengah Malam Ini Memiliki Keistimewaan Luar Biasa

Kamis, 05 Januari 2023 - 13:11 WIB
loading...
Doa saat Terbangun di Tengah Malam Ini Memiliki Keistimewaan Luar Biasa
Nabi Muhammad SAW mengajarkan sebuah doa ketika terbangun di tengah malam yang memiliki keistimewaan luar biasa. Foto ilustrasi/ist
A A A
Setiap orang pasti pernah mengalami terbangun tiba-tiba di tengah malam buta. Namun, sangat jarang ketika kita terjaga atau terbangun dari tidur ini langsung membaca doa . Nah, Nabi Muhammad Shallallaahu alaihi wa sallam, mengajarkan sebuah doa jika kita terbangun di tengah malam, doa ini memiliki keistimewaan yang luar biasa.

Menurut Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah, rata-rata saat kita terbangun, maka tidur kembali adalah hal lumrah yang dilakukan setelah menyelesaikan hajatnya. Sangat jarang di antara kita begitu terjaga di malam hari membaca doa yang dicontohkan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ini. Doa tersebut adalah:

لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، اَلْحَمْدُ لِلَّهِ، وَسُبْحَانَ اللَّهِ، وَلاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ


“Tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah satu-satuNya, tidak ada sekutu bagiNya. MilikNya lah kekuasaan dan pujian. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Segala puji bagi Allah. Maha suci Allah. Tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah. Allah Maha Besar. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah.”

Yang menjadi landasan doa ini adalah sebuah hadis dari seorang sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang bernama Ubadah bin Shamit Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“مَنْ تَعَارَّ مِنْ اللَّيْلِ فَقَالَ: “لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، وَسُبْحَانَ اللَّهِ، وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ“ ثُمَّ قَالَ: “اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي“ أَوْ دَعَا؛ اسْتُجِيبَ لَهُ، فَإِنْ تَوَضَّأَ وَصَلَّى؛ قُبِلَتْ صَلَاتُهُ“


“Barang siapa yang terjaga di malam hari, kemudian dia membaca Lâ ilâha illallôh wahdahu lâ syarîka lah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa ‘alâ kulli syai’in qodîr. Alhamdulillâh, wa subhânallôh, wa lâ ilâha illallôh, wallôhu akbar, wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâh. Lalu dia berkata, “Ya Allah ampuni aku” atau membaca doa yang lainnya; maka doanya akan dikabulkan. Dan apabila kemudian dia berwudhu lalu shalat, maka shalatnya akan diterima.” (HR. Bukhari)

Ini adalah keistimewaan luar biasa yang dijanjikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bagi orang yang mengamalkan doa tersebut.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2645 seconds (0.1#10.140)