3 Keutamaan Membaca Surat Ad-Dukhan pada Malam Jumat

Kamis, 05 Januari 2023 - 19:39 WIB
loading...
3 Keutamaan Membaca Surat Ad-Dukhan pada Malam Jumat
Orang yang rajin membaca Surat Ad-Dukhan pada malam Jumat dan malam lainnya akan diampuni dosanya dan didoakan oleh para Malaikat. Foto/dok Majlis Taklim An-Nur Al-Jilani
A A A
Membaca Surat Ad-Dhukhan pada malam Jumat termasuk sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW di samping membaca Surat Al-Kahfi. Surat yang terdiri 59 ayat ini memiliki keutamaan (fadhillah) yang agung.

Dinamai Ad-Dukhaan (kabut) diambil dari perkataan Dukhaan yang terdapat pada ayat 10 surat ini. Surat ke-44 dalam AL-Qur'an ini masuk dalam golongan surat Makkiyyah, diturunkan sesudah Az Zukhruf.

Mengenai Surat Ad-Dukhan ini, Al-Bukhari mengetengahkan riwayat sebagai berikut: "Orang-orang kafir Mekkah dalam menghalang-halangi agama Islam dan menyakiti Nabi Muhammad SAW sudah melewati batas. Karena itu Nabi mendoa kepada Allah agar diturunkan azab sebagaimana yang telah diturunkan kepada orang-orang yang durhaka kepada Nabi Yusuf, yaitu musim kemarau yang panjang. Doa Nabi itu dikabulkan Allah sampai orang-orang kafir memakan tulang dan bangkai, karena kelaparan."

"Mereka selalu menengadah ke langit mengharap pertolongan Allah. Tetapi tidak satupun yang mereka lihat kecuali kabut yang menutupi pandangan mereka. Akhirnya mereka datang kepada Nabi agar Nabi memohon kepada Allah supaya hujan diturunkan. Setelah Allah mengabulkan doa Nabi, dan hujan di turunkan, mereka kembali kafir seperti semula. Karena itu Allah menyatakan bahwa nanti mereka akan diazab dengan azab yang pedih." (HR Al-Bukhari)

Berikut 3 Keutamaan Membaca Surat Ad-Dukhan di Malam Jumat

1. Didoakan 70.000 Malaikat dan Diampuni pada Paginya
Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan keutamaan membaca Surat Ad-Dukhan sebagai berikut:

حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ وَكِيعٍ حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ حُبَابٍ عَنْ عُمَرَ بْنِ أَبِي خَثْعَمٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَرَأَ حم الدُّخَانَ فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ يَسْتَغْفِرُ لَهُ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ هَذَا الْوَجْهِ وَعُمَرُ بْنُ أَبِي خَثْعَمٍ يُضَعَّفُ قَالَ مُحَمَّدٌ وَهُوَ مُنْكَرُ الْحَدِيثِ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah SAW pernah bersabda: "Barang siapa yang membaca Surat Ha Mim Ad-Dukhan dalam suatu malam, maka pada pagi harinya ada tujuh puluh ribu Malaikat yang memohonkan ampun baginya."

Dalam riwayat lain dari Al-Hasan berkata ia mendengar Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang membaca Surat Yasin pada suatu malam, maka pada pagi harinya ia diampuni. Dan siapa yang membaca Surat Ha Mim yang di dalamnya ada ad-Dukhan, maka pada pagi harinya ia diampuni." [Imam Ibnu Katsir memberikan komentar: جيد إسناد (Sanad Jayyid) artinya baik.]

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَرَأَ حم الدُّخَانَ فِي لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ غُفِرَ لَهُ

Dari Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: "Barang siapa yang membaca surat Ha Mim Ad-Dukhan dalam malam Jumat, maka diampuni dosanya."

2. Dibangun Rumah Baginya di Surga
Keutamaan berikutnya diketengahkan dalam Hadis riwayat Thabrani berikut:

عن أبي أمامة قال : سمعت النّبي صلّى اللَّه عليه وسلّم يقول : «من قرأ حم الدّخان ليلة الجمعة أو يوم الجمعة ، بنى اللَّه له بيتا في الجنة». رواه الطبراني.

Artinya: "Dari Abi Umamah ia berkata, Aku mendengar Nabi shollallohu 'alaihi wasallam bersabda: "Siapa yang membaca Ha Mim Ad-Dukhan di malam Jumat, atau di hari Jumat, maka Allah akan membangunkannya rumah di surga." (HR At-Thabrani)

3. Menikah dengan Bidadari Surga
Keutamaan lain dari membaca Surat Ad-Dukhan ini akan dinikahkan dengan bidadari surga.

عن أبي رافع قال : «من قرأ الدّخان في ليلة الجمعة أصبح مغفورا له وزوّج من الحور العين» رواه الدّارميّ

Dari Abi Rafi', ia berkata: "Siapa yang membaca Surat Ad-Dukhan pada malam Jumat, maka pada waktu Subuh ia telah diampuni dosanya, dan dinikahkan dengan salah satu bidadari-bidadari yang bermata indah." (HR Ad-Darimi)

Itulah tiga keutamaan membaca Surat Ad-Dukhan pada malam Jumat atau malam-malam lainnya. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)