Asbabun Nuzul Surat Qaf Dijelaskan pada Ayat ke-38 dan 45

Kamis, 12 Januari 2023 - 11:11 WIB
loading...
Asbabun Nuzul Surat Qaf Dijelaskan pada Ayat ke-38 dan 45
Salah satu hikmah yang dijelaskan dalam Surat Qaf yakni tentang kehidupan yang akan dijalani manusia setelah kematian dan hari kebangkitan. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Surat Qaf merupakan surah ke 50 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 45 ayat dan termasuk ke dalam golongan Surat Makkiyah. Surat Qaf ini banyak menjelaskan tentang kehidupan yang akan dijalani manusia setelah kematian , hari kebangkitan, penciptaan langit dan bumi hingga peringatan bagi orang yang takut pada ancaman Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dilansir dari buku "Asbabun Nuzul : Sebab Sebab Turunnya Al Quran oleh Imam As-Suyuti", asbabun nuzul Surat Qaf dijelaskan pada ayat ke 38 dan 45.

Baca juga: Inilah 3 Tempat Setelah Kematian yang Perlu Diketahui Kaum Muslim

Ayat 38, Allah Ta'ala Berfirman :

وَلَقَدْ خَلَقْنَا ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا فِى سِتَّةِ أَيَّامٍ وَمَا مَسَّنَا مِن لُّغُوبٍ


Artinya : "Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan Kami sedikitpun tidak ditimpa keletihan." (QS Qaf : 38)

Al Hakim meriwayatkan dalam kitab "Shahih"-nya dari Ibnu Abbas, bahwasannya orang orang Yahudi mendatangi Rasulullah SAW kemudian bertanya kepada beliau mengenai penciptaan langit dan bumi. Mereka berkata ;

"Allah menciptakan bumi pada Hari Ahad dan Senin, menciptakan gunung-gunung dan segala yang bermanfaat di dalamnya pada Hari Selasa, pada Hari Rabu menciptakan pohon-pohon, air, kota-kota, bangunan-bangunan, dan keruntuhannya, pada Hari Kamis menciptakan langit, pada Hari Jumat menciptakan bintang-bintang, matahari, bulan, dan para malaikat tiga jam yang tersisa."

"Pada jam pertama menciptakan ajal hingga matilah orang yang mati. Pada jam kedua menjatuhkan bencana kepada setiap sesuatu yang bermanfaat bagi manusia. Pada jam ketiga Allah menciptakan Adam dan menempatkannya di surga dan memerintahkan iblis untuk bersujud kepadanya. Allah mengeluarkan Adam dari surga pada jam terakhir."

Orang orang Yahudi mengatakan, "Lantas apa, wahai Muhammad?" Beliau menjawab, "Kemudian Allah menempat di atas Arsy." Mereka mengatakan, "Engkau benar jika engkau menyempurnakannya."

Mereka mengatakan, "Kemudian Dia beristirahat." Maka Nabi Muhammad SAW marah semarah marahnya. Maka turunlah ayat, ""Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan Kami sedikitpun tidak ditimpa keletihan." (QS Qaf : 38)

Ayat 45, Allah Ta'ala Berfirman :

نَّحْنُ أَعْلَمُ بِمَا يَقُولُونَ ۖ وَمَآ أَنتَ عَلَيْهِم بِجَبَّارٍ ۖ فَذَكِّرْ بِٱلْقُرْءَانِ مَن يَخَافُ وَعِيدِ


Artinya : "Kami lebih mengetahui tentang apa yang mereka katakan, dan kamu sekali-kali bukanlah seorang pemaksa terhadap mereka. Maka beri peringatanlah dengan Al Quran orang yang takut dengan ancaman-Ku." (QS Qaf : 45)

Ibnu Jarir meriwayatkan dari jalur Amru bin Qais Al-Mala'i dari Ibnu Abbas, dia mengatakan ;

"Wahai Rasulullah, seandainya engkau menakut nakuti kami." Maka turunlah ayat, "Maka beri peringatanlah dengan Al Qur'an orang yang takut dengan ancaman-Ku."

Baca juga: Asbabun Nuzul Surat Ghafir, Yang Maha Mengampuni

Wallauu A'lam
(wid)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1436 seconds (10.55#12.26)