alexametrics

Hikmah Penyakit dan Doa Menjenguk Orang Sakit yang Diajarkan Nabi

loading...
Hikmah Penyakit dan Doa Menjenguk Orang Sakit yang Diajarkan Nabi
Salah satu kewajiban muslim kepada muslim lainnya adalah menjenguk orang sakit. Keutamaan menjenguk orang sakit akan didoakan 70.000 Malaikat. Foto ilustrasi/dok skanaa
Penyakit yang menimpa manusia merupakan takdir Allah Ta'ala. Penyakit tidak membedakan orang yang saleh maupun yang buruk, tua ataupun muda, antara orang miskin atau orang kaya, termasuk para wali dan Rasul. Namun, ujian yang paling berat dialami para Nabi dan Rasul.

Menurut Dai asal Mesir yang kini bermukim di Jakarta, Syeikh Ahmad Al-Mishri, Allah Ta'ala menguji hamba-Nya dengan penyakit agar mengetahui siapa hamba-Nya yang jujur dan siapa yang berdusta. Ketika ditimpa penyakit, nikmat kita dicabut, namun bisa jadi penyakit adalah curahan rahmat dari Allah Ta'ala. (Baca Juga: Imam Ahmad Menulis Doa Ini untuk Sembuhkan Sakit Panas)

Allah Ta'ala berfirman:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ (155) الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ



"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: 'inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun". (Surah Al-Baqarah Ayat 155-156)

"Semua penyakit yang datang menimpa kita bisa jadi akan meluruskan diri kita agar memperbaiki diri, dan ini teguran bagi orang beriman. Di saat manusia angkuh, Allah memberinya ujian. Ini bukti keadilan Allah. Penyakit menimpa hamba-hamba yang dikehendaki Allah yang melampaui batas," kata Syeikh Ahmad Al-Mishri saat kajian di Masjid Permata Qalbu, Perumahan Permata Mediterania Pos Pengumben, Jakarta Barat, belum lam ini.



Banyak di antara manusia yang tertimpa penyakit namun tidak mengetahui ada hikmah dari Allah. Akhirnya mereka mengadu, gelisah, tidak sabar. Bahkan orang yang terkena penyakit kanker sampai mencapai tingkatan putus asa yang luar biasa, sampai dia murka dengan takdir Allah Ta'ala, sehingga setan mengingatkan dia akan maksiat sampai orang itu putus asa. (Baca Juga: Dahsyatnya Keutamaan Menjenguk Orang Sakit)

"Orang yang terkena penyakit akan ditolong selama dia bertauhiid, bersabar, dan memohon. Selama dia mau memohon dia akan ditolong meski melakukan dosa besar. Selama dia tidak wafat dalam kemusyrikan dia akan ditolong," kata Syeikh Ahmad.

Doa Menjenguk Orang Sakit
Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam mengajarkan doa ketika menjenguk orang yang sakit. Doa ini dibaca tujuh kali:
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
وَكَمۡ اَهۡلَـكۡنَا قَبۡلَهُمۡ مِّنۡ قَرۡنٍ هُمۡ اَشَدُّ مِنۡهُمۡ بَطۡشًا فَنَقَّبُوۡا فِى الۡبِلَادِ ؕ هَلۡ مِنۡ مَّحِيۡصٍ
Dan betapa banyak umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka, (padahal) mereka lebih hebat kekuatannya daripada mereka (umat yang belakangan) ini. Mereka pernah menjelajah di beberapa negeri. Adakah tempat pelarian (dari kebinasaan bagi mereka)?

(QS. Qaf:36)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak