Keutamaan Membaca Surat Al-Mujadilah, Salah Satunya Dapat Meredakan Sakit

Jum'at, 13 Januari 2023 - 16:46 WIB
loading...
Keutamaan Membaca Surat Al-Mujadilah, Salah Satunya Dapat Meredakan Sakit
Surat ini dinamai Al-Mujadilah karena ayat pertama surat ini menerangkan bantahan seorang perempuan terhadap sikap suaminya yang telah menzhiharnya. Foto/SINDOnews
A A A
Surat Al-Mujadilah memiliki beberapa keutamaan yang perlu diketahui kaum muslim. Surat yang diturunkan setelah Surat Al-Munafiqun ini memiliki arti "wanita yang mengajukan gugatan".

Surat ke-58 dalam mushaf Al-Qur'an ini terdiri dari 22 ayat ini membahas tentang penjelasan hukum zihar dan sanksi bagi orang yang melakukannya, larangan menjadikan musuh Allah sebagai teman, dan penjelasan adab sopan santun.

Surat ini dinamai Al-Mujadilah, karena di awal surat ini diterangkan bantahan seorang perempuan, menurut riwayat bernama Khaulah binti Tsa'labah terhadap sikap suaminya yang telah menzhiharnya. Hal ini diadukan kepada Rasulullah SAW dan ia menuntut supaya beliau memberikan putusan yang adil dalam persoalan itu. Surat ini juga dinamai Al-Mujaadalah yang berarti perbantahan.

Adapun keutamaan Surat Al-Mujadilah dijelaskan dalam Tafsirul Burhan Juz 7: 467. Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Mujadilah), maka Allah akan mengampuninya termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung. Dan barangsiapa yang menulisnya, dan mengalungkannya kepada orang yang sakit, atau membacakannya, maka penyakit akan reda (sembuh, hilang). Dan jika dibacakan atas sesuatu (harta/benda) yang dipendam atau dijaga, maka ia akan aman sampai pemiliknya mengeluarkannya. Kemudian, wasilah agar memperoleh keamanan dalam perjalanan."

Imam Ash-Shadiq telah berkata, "Barangsiapa yang membacanya ketika sakit, maka ia dapat meredakan sakit itu. Dan ketika membacanya secara istiqamah pada malam dan siang hari, maka ia akan aman di setiap jalan (saat bepergian). Dan jika ia dibaca atas sesuatu yang disimpan, atau dipendam, maka akan sampai dikeluarkan dari tempat itu."

Dalam tafsir tersebut disimpulkan, bagi umat Islam yang membaca Surat Al-Mujadilah akan selamat dari siksa Allah dan tidak memperoleh keburukan. Selain itu mereka juga akan dimasukkan ke dalam golongan orang yang beruntung, meredakan penyakit seseorang, dan dapat memelihara harta umat Islam.

Terdapat pula doa untuk meminta keberhasilan dalam menjalankan setiap sesuatu. Doa tersebut terdapat dalam Surat Al-Mujadilah ayat 21. Allah berfirman:

كَتَبَ اللّٰهُ لَاَغْلِبَنَّ اَنَا۠ وَرُسُلِيْۗ اِنَّ اللّٰهَ قَوِيٌّ عَزِيْزٌ

Artinya: "Allah telah menetapkan, 'Aku dan Rasul-rasul-Ku pasti menang.' Sungguh, Allah Maha Kuat, Maha Perkasa." (QS Al-Mujadilah ayat 21)

Selain itu terdapat pula keutamaan lain yang terdapat dalam Surat Al-Mujadilah Ayat 11. Yaitu mengingatkan umat Muslim pentingnya menuntut ilmu.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: "Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: 'Berlapang-lapanglah dalam majlis', maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Mujadilah ayat 11)

Untuk diketahui, orang yang berilmu akan dimuliakan dan ditinggikan derajatnya oleh Allah. Ilmu menjadi sarana bagi seorang muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah 'Azza wa Jalla.

Baca Juga: Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al-Ghasyiyah

Wallahu A'lam
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2156 seconds (10.177#12.26)