Topik Terkait: Tuhan

  • Konsep Ketuhanan Yahudi: Yahweh sebagai Tuhan Yang Esa
    Dunia Islam
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 10:20 WIB
    Dia (Yahweh), mungkin saja tuhan umat yang lainnya sebelum ia menjadi Tuhan Israel. Pada masa Musa, Yahweh menuntut secara berulang dan beberapa lama bahwa ia adalah Tuhan dari Abraham, yang disebut El Shaddai.
  • Benarkah Adil Sifat Tuhan? Begini Penjelasan Imam Chirri
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Desember 2023 - 14:28 WIB
    Saya telah berbicara dengan beberapa orang Islam bahwa adil itu adalah salah satu darl sifat-sifat Tuhan, tapi orang-orang Islam yang lain bilang tidak benar.
  • Pengetahuan Tentang Tuhan (1): Miniatur Kekuasaan dan Cinta Sang Pencipta
    Tausyiah
    Kamis, 25 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Jika semua orang pandai dari seluruh dunia dikumpulkan dan hidup mereka diperpanjang sampai waktu yang tidak terbatas, tidak akan bisa mereka hasilkan perbaikan apa pun atas bangun satu bagian saja dari jasad manusia.
  • Tuhan-Tuhan Bani Israel dan Misi Tauhid Nabi Musa
    Hikmah
    Kamis, 04 Juni 2020 - 14:19 WIB
    Berikut kisah Nabi Musa saat bersama saudaranya, Nabi Harun ditugaskan Allah menghadapi Raja Firaun. Tuhan apa sebenarnya yang disembah Bani Israel ketika itu?
  • Prof Wilson Meminta Bukti Yesus Bukan Tuhan, Begini Jawaban Imam Chirri
    Hikmah
    Minggu, 17 Desember 2023 - 15:20 WIB
    Orang-orang Islam tidak mempercayai ke-Tuhanan Yesus, apakah Anda mempunyai bukti yang jelas terhadap kesalahan ketuhanannya? Begini jawabab Imam Chirri.
  • Pengetahuan Tentang Tuhan (2-Habis): Enam Penyebab Kejahilan
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 11:47 WIB
    Meskipun pernyataan al-Quran ini telah jelas, masih ada juga orang-orang yang, karena kejahilannya tentang Allah, melanggar batas-batas tersebut.
  • Tuhan itu sama
    Tausiyah
    Sabtu, 13 Juli 2013 - 08:00 WIB
    Kita didorong untuk berhati-hati serta takut pada murka Tuhan atau berharap rahmat dari Tuhan hanya pada Ramadan. Sementara di luar Ramadan seakan-akan kita ditoleransi untuk berbuat apa saja. Haruslah disadari bahwa berbuat baik dan berbuat jelek itu tetap dinilai berpahala atau berdosa kapan pun dan di mana pun.
  • Rahasia Politeisme Orang Arab sebelum Datangnya Islam
    Hikmah
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 17:30 WIB
    Orang Arab sebelum datangnya Islam percaya bahwa setiap makhluk dan setiap gejala tentulah mempunyai penyebab tersendiri, dan bahwa Tuhan Yang Esa tidak mampu menciptakan semuanya.
  • 3 Prinsip yang Berasal dari Azas Keadilan Tuhan Menurut Imam Chirri
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Desember 2023 - 14:37 WIB
    Tidak seorangpun yang bertanggungjawab apa yang dilakukan orang lain, walaupun mereka itu temannya sendiri atau saudaranya, selama perbuatan mereka tidak di bawah kontrol mereka.
  • Kisah di Zaman Nabi Syuaib: Tanda Hukuman Tuhan
    Hikmah
    Senin, 20 September 2021 - 16:05 WIB
    Pada zaman Nabi Syuaib, seorang pria datang ke hadapan Nabi, Tuhan telah menyaksikan semua dosa yang aku lakukan. Namun karena kemurahanNya, Ia masih juga belum menghukumku.
  • Ketika Bani Israil Meminta Nabi Musa Mengundang Tuhan Makan Malam
    Hikmah
    Sabtu, 09 Oktober 2021 - 17:37 WIB
    Beberapa orang dari Bani Israil datang menemui Nabi Musa as dan berkata, Wahai Musa, bukankah kau bisa bicara dengan Tuhan? Tolong sampaikan pada-Nya, kami ingin mengundang-Nya makan malam.
  • Nabi Musa Bertanya Apakah Tuhan Pernah Tidur? Berikut Kisahnya
    Hikmah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 22:22 WIB
    Nabi Musa alaihissalam merupakan Nabi yang paling sering disebut dalam Al-Quran yaitu 136 kali. Dikisahkan bahwa Nabi Musa pernah bertanya: Apakah Allah pernah tidur?
  • Kisah Sahabat Tuhan, Pemabuk, dan Cinta Buta
    Hikmah
    Kamis, 10 September 2020 - 06:36 WIB
    Hiduplah dalam Tuhan dengan rasa puas berputarlah bagai kubah langit lantaran cinta pada-Nya. Jika ada yang lebih baik lagi kau ketahui, katakanlah itu, agar kau dapat merasa bahagia.
  • Dalil Yesus Tuhan karena Lahir Tanpa Ayah, Adam Bahkan Tanpa Ayah dan Bunda
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Anda memiliki roh (jiwa) dan tubuh dan demikian pula saya. Dan tidak ada dari roh-roh kita yang mati, karena roh kita akan melanjutkan hidup setelah kita mati.
  • Mengenali Panggilan Tuhan di Angka 40 (Bagian 1)
    Tausyiah
    Minggu, 23 Mei 2021 - 15:06 WIB
    Life begins at forty, Hidup dimulai dari (umur) 40. Itulah ungkapan populer yang sudah lama saya tahu --dan saya yakin Anda pun demikian--, tapi baru belakangan saya pahami seutuhnya.
  • Kisah Samiri Membuat Patung Sapi yang Dapat Berbicara Lalu Dijadikan Tuhan
    Hikmah
    Selasa, 31 Mei 2022 - 21:56 WIB
    Belum genap 40 hari Nabi Musa bermunajat kepada Allah Taala di Bukit Thursina, Samiri melakukan penyimpangan dengan membuat patung anak sapi dari emas yang dapat berbicara.
  • Taurat Menyebut Tuhan Israel Memilih Bangsa, Begini Tanggapan Imam Chirri
    Hikmah
    Jum'at, 29 Desember 2023 - 12:58 WIB
    Taurat (Old Testament) berulang-ulang mengatakan Tuhannya Israelites memilih bangsa. Ini menunjukkan bahwa Israelites yang diutamakan dari berita-berita yang sangat baik itu.
  • Israel, Orang yang Bergulat dengan Tuhan
    Hikmah
    Kamis, 02 November 2023 - 16:34 WIB
    Siapa sejatinya Israel itu? Nama Israel, disebut dalam Al-Quran. Misalnya dalam QS Maryam : 56-57 dan QS Ali Imran : 93. Israel yang dimaksud pada ayat-ayat tersebut adalah seorang nabi.
  • Jalan Pendekatan Diri kepada Tuhan dan Menjadi Sufi Menurut Harun Nasution
    Hikmah
    Rabu, 05 Oktober 2022 - 11:23 WIB
    Jalan yang ditempuh seseorang untuk sampai ke tingkat melihat Tuhan dengan mata hati dan akhirnya bersatu dengan Tuhan demikian panjang dan penuh duri. Apa saja?
  • Renungan: Menagih Janji Tuhan, Apa Itu Harta Segalanya?
    Hikmah
    Minggu, 18 April 2021 - 04:52 WIB
    Ada satu kisah tentang seorang sufi Khwaja Maruf Karkhi yang asyik dalam kontemplasi. Dia berdiri di bawah tahta ilahi, menyanyi memuji Allah dalam kelimpahan syukur.