Kumpulan Artikel: Nisfu Syaban

  • Golongan yang Boleh Berpuasa Setelah Nisfu Syaban
    Tausyiah
    Senin, 26 Februari 2024 - 09:47 WIB
    Masih banyak masyarakat yang mempertanyakan perihal kebolehan puasa setelah Nisfu Syaban. Sebab sebagian mereka menganggap segala bentuk puasa pada paruh akhir bulan Syaban mutlak tidak boleh.
  • Inilah Negara-negara yang Merayakan Nisfu Syaban
    Dunia Islam
    Minggu, 25 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Ternyata tak hanya di Indonesia, perayaan Nisfu Syaban pun ada di sejumlah negara di belahan dunia yang sebagian besar negara tersebut berada di kawasan Asia.
  • Berikut Ini Salat Sunah yang Dianjurkan Diamalkan di Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:55 WIB
    Ada beberapa amalan yang dapat dilakukan pada malam Nisfu Syaban untuk mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT. Salah satunya adalah memperbanyak salat sunah.
  • Khotbah Jumat: Mari Perbanyak Puasa Sunah di Bulan Syaban
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Februari 2024 - 09:34 WIB
    Berikut ini adalah naskah khotbah Jumat tentang memperbanyak puasa sunah di Bulan Syaban yang dinukil dari laman resmi Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
  • Besok Malam Nisfu Syaban, Jangan Lupa Perbanyak Amal Ibadah Ini!
    Tips
    Jum'at, 23 Februari 2024 - 09:17 WIB
    Malam Nisfu Syaban 1445 Hijriyah jatuh besok malam, Sabtu 24 Februari (malam minggu). Malam Nisfu Syaban memiliki fadhilah (keutamaan) tersendiri.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • 10 Nama Malam Nisfu Syaban, Salah Satunya sebagai Malam Hadiah
    Hikmah
    Kamis, 22 Februari 2024 - 12:32 WIB
    Karena keistimewaannya, malam Nisfu Syaban memiliki nama-nama lain yang disematkan untuknya. Nama-nama apa saja? Berikut penjelasannya.
  • Tata Cara Membaca Yasin di Malam Nisfu Syaban Lengkap dengan Doanya
    Tips
    Kamis, 22 Februari 2024 - 08:59 WIB
    Salah satu amalan yang dianjurkan pada malam Nisfu Syaban adalah membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali. Bagaimana tata cara dan urutan doanya?
  • Inilah Dalil Tentang Keistimewaan Malam Nisfu Syaban
    Hikmah
    Kamis, 22 Februari 2024 - 08:35 WIB
    Dalam beberapa hari ke depan, umat Islam akan memasuki pertengahan bulan Syaban (15 Syaban), dan malam yang dinanti karena keistimewaannya adalah malam Nisfu Syaban.
  • Berzikir Doa Nabi Yunus di Malam Nisfu Syaban, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 22 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Pada malam Nisfu Syaban, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan amalan ibadah dan banyak berdoa. Salah satu doa yang dapat dibaca dan diamalkan di malam tersebut, adalah doa Nabi Yunus.
  • 4 Amalan Nisfu Syaban Beserta Dalil, Lakukan Supaya Dapat Keutamaannya
    Hikmah
    Rabu, 21 Februari 2024 - 16:54 WIB
    Sejumlah amalan Nisfu Syaban ini perlu diketahui oleh setiap muslim supaya dapat semakin mendekatkan diri pada Allah SWT sebelum bulan Ramadan datang.
  • Amalan Malam Nisfu Syaban Menurut Pandangan 4 Mazhab
    Hikmah
    Rabu, 21 Februari 2024 - 10:14 WIB
    Di malam Nisfu Syaban itu, kaum muslim dianjurkan melakukan amalan-amalan tertentu. Benarkan demikian? Bagaimana pandangan imam 4 Mazhab dalam hal ini?
  • Kapan Malam Nisfu Syaban 2024? Ini Tanggalnya
    Tips
    Selasa, 20 Februari 2024 - 19:03 WIB
    Kapan malam Nisfu Syaban 2024? Pertanyaan ini sudah mulai dicari umat Muslim. Bukan tanpa alasan, malam tersebut memang telah dinantikan karena memiliki banyak keutamaan.
  • Inilah Amalan yang Bisa Dilakukan Wanita Haid di Malam Nisfu Syaban
    Muslimah
    Selasa, 20 Februari 2024 - 13:02 WIB
    Amalan di bulan Syaban terutama di malam Nisfu Syaban sayang untuk dilewatkan. Karena itu, bagi wanita muslimah yanmg sedang haid, ada juga beberapa amalan yang bisa dilakukannya.
  • Doa dan Zikir Malam Nisfu Syaban Lengkap, Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Selasa, 20 Februari 2024 - 09:54 WIB
    Doa dan zikir malam Nisfu Syaban ini biasanya diamalkan umat Muslim pada pertengahan bulan Syaban (tanggal 15 Syaban). Apa saja doa dan amalan zikirnya?
  • Doa-doa di Bulan Syaban, Yuk Amalkan!
    Tips
    Selasa, 20 Februari 2024 - 08:31 WIB
    Ada doa-doa yang dianjurkan diamalkan memasuki bulan Syaban 1445 hijriah ini. Doa merupakan intisari ibadah dan senjata orang beriman.
  • Inilah Hadoroh Yasin untuk Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Senin, 19 Februari 2024 - 13:46 WIB
    Inilah bacaan hadoroh yasin yang bisa diamalkan sebelum membaca surat Yasin di malam Nisfu Syaban, yang tahun ini jatuh pada tanggal 24 Februari 2024.
  • Bacaan Yasin untuk Malam Nisfu Syaban, Beserta Niat dan Tata Caranya
    Tips
    Senin, 19 Februari 2024 - 12:27 WIB
    Bacaan Surat Yasin untuk malam Nisfu Syaban beserta niat dan tata caranya penting diketahui umat muslim yang akan mengamalkannya di malam istimewa tersebut.
  • 3 Tingkatan Salat Malam Nisfu Syaban
    Tausyiah
    Senin, 19 Februari 2024 - 09:22 WIB
    Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin dalam kitabnya Majmu Fatawa mengatakan salat pada malam Nisfu Syaban ada tiga tingkatan. Berikut ini penjelasannya.
  • Syaikh Al-Utsaimin: Puasa Khusus pada Pertengahan Syaban Bukan Amalan Sunah
    Tausyiah
    Senin, 19 Februari 2024 - 09:14 WIB
    Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin dalam kitabnya Majmu Fatawa mengatakan, Hadis tersebut telah dihukumi sebagai hadis palsu oleh penulis kitab al Mannr.
  • Benarkah Berdoa di Malam Nisfu Syaban Tidak akan Ditolak Allah?
    Tausyiah
    Senin, 19 Februari 2024 - 09:09 WIB
    Dalam tahun 2024 ini, Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 24 Februari 2024 atau pertengahan bulan Syaban. Benarkah berdoa di malam tersebut tidak akan ditolah Allah Subhanahu wa taala?