QS. Ali 'Imran Ayat 110-112

  • كُنۡتُمۡ خَيۡرَ اُمَّةٍ اُخۡرِجَتۡ لِلنَّاسِ تَاۡمُرُوۡنَ بِالۡمَعۡرُوۡفِ وَتَنۡهَوۡنَ عَنِ الۡمُنۡكَرِ وَتُؤۡمِنُوۡنَ بِاللّٰهِ‌ؕ وَلَوۡ اٰمَنَ اَهۡلُ الۡكِتٰبِ لَڪَانَ خَيۡرًا لَّهُمۡ‌ؕ مِنۡهُمُ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ وَاَكۡثَرُهُمُ الۡفٰسِقُوۡنَ‏
    Kuntum khaira ummatin ukhrijat linnaasi taamuruuna bilma'ruufi wa tanhawna 'anil munkari wa tu'minuuna billaah; wa law aamana Ahlul Kitaabi lakaana khairal lahum minhumul mu'minuuna wa aksaruhumul faasiquun
    110. Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik.
  • لَنۡ يَّضُرُّوۡكُمۡ اِلَّاۤ اَذًى‌ؕ وَاِنۡ يُّقَاتِلُوۡكُمۡ يُوَلُّوۡكُمُ الۡاَدۡبَارَ ثُمَّ لَا يُنۡصَرُوۡنَ
    Lai yadurruukum 'illaaa azanw wa ai yuqootiluukum yuwalluukumul adbaara summa laa yunsaruun
    111. Mereka tidak akan membahayakan kamu, kecuali gangguan-gangguan kecil saja, dan jika mereka memerangi kamu, niscaya mereka mundur berbalik ke belakang (kalah). Selanjutnya mereka tidak mendapat pertolongan.
  • ضُرِبَتۡ عَلَيۡهِمُ الذِّلَّةُ اَيۡنَ مَا ثُقِفُوۡۤا اِلَّا بِحَبۡلٍ مِّنَ اللّٰهِ وَحَبۡلٍ مِّنَ النَّاسِ وَبَآءُوۡ بِغَضَبٍ مِّنَ اللّٰهِ وَضُرِبَتۡ عَلَيۡهِمُ الۡمَسۡكَنَةُ  ؕ ذٰ لِكَ بِاَنَّهُمۡ كَانُوۡا يَكۡفُرُوۡنَ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ وَيَقۡتُلُوۡنَ الۡاَنۡۢبِيَآءَ بِغَيۡرِ حَقٍّ‌ؕ ذٰ لِكَ بِمَا عَصَوۡا وَّكَانُوۡا يَعۡتَدُوۡنَ
    Duribat alaihimuz-zillatu aina ma suqifu illa bihablim minallahi wa hablim minan-nasi wa ba'u bigadabim minallahi wa duribat alaihimul-maskanah(tu), zalika bi'annahum kanu yakfuruna bi'ayatillahi wa yaqtulunal-ambiya'a bigairi haqq(in), zalika bima asaw wa kanu ya'tadun
    112. Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka (berpegang) pada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia. Mereka mendapat murka dari Allah dan (selalu) diliputi kesengsaraan. Yang demikian itu karena mereka mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi, tanpa hak (alasan yang benar). Yang demikian itu karena mereka durhaka dan melampaui batas.
Update Haji 2024: 66.611 Jemaah Kembali ke Tanah Air, 336 Orang Wafat
Update Haji 2024: 66.611 Jemaah Kembali ke Tanah Air, 336 Orang Wafat

Jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat di penyelenggaraan ibadah haji 1445H/2024M kembali bertambah, total jemaah haji yang wafat sebanyak 336 orang.

20 Contoh Ucapan Tahun Baru Islam yang Penuh Makna
20 Contoh Ucapan Tahun Baru Islam yang Penuh Makna

Pada tahun 2024 ini, 1 Muharram 1446 Hijriah jatuh pada Ahad, 7 Juli 2024. Momen tersebut menjadi tahun baru dalam kalender Hijriah yang kerap disebut sebagai tahun baru Islam.

Bolehkah 1 Muharram Berpuasa? Bagaimana Dalilnya
Bolehkah 1 Muharram Berpuasa? Bagaimana Dalilnya

Bolehkah umat Islam melaksanakan puasa sunnah di tanggal 1 Muharram atau tahun baru hijriah? Adakah dalil dan nash yang memerintahkannya?

10 Orang Ustaz Pembimbing dari BPHU Indonesia Diundang Syuuun Diniyyah Masjid An Nabawi Madinah
10 Orang Ustaz Pembimbing dari BPHU Indonesia Diundang Syu'uun Diniyyah Masjid An Nabawi Madinah

Sebanyak 10 ustaz pembimbing dari BPHU (Biro Perjalanan Haji dan Umroh) Indonesia diundang oleh Syuuun Diniyyah (se,acam DKM) Masjid An Nabawi Madinah.

Muhammadiyah Gunakan Kalender Hijriah Global Mulai Tahun 1446 H
Muhammadiyah Gunakan Kalender Hijriah Global Mulai Tahun 1446 H

Mulai 1 Muharram 1446 H atau Ahad, 7 Juli 2024 M, Muhammadiyah meluncurkan Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT). Ini menandai periode penggunaan formal KHGT bagi organisasi massa Islam ini.

Hai bro