Keutamaan Bulan Ramadan

Senin, 15 Juni 2015 - 01:26 WIB
Keutamaan Bulan Ramadan
Keutamaan Bulan Ramadan
A A A
BOGOR - Kedatangan Bulan Ramadan wajib disambut gembira umat Islam. Sebab, di bulan tersebut terdapat sejumlah keutamaan.

Selain keutamaan hadir hanya satu bulan dalam satu tahun, Ramadan dapat dijadikan oase di tengah kehidupan manusia yang sedang berhijrah.

Menurut Ustaz Bonni, salah satu inisiator cara menghafal Alquran semudah tersenyum, hijrah yang dimaksud adalah kondisi yang semula buruk lama-kelamaan diperbaiki umat manusia dengan keadaan yang lebih baik dan sempurna lagi.

Dia mengatakan, proses hijrah di zaman seperti sekarang bukanlah hal yang mudah. Sebab, niat itu muncul dari dalam diri sendiri dan banyaknya godaan yang kencang dari lingkungan yang terkadang membuat proses hijrah itu gagal.

"Nah, dalam berhijrah itu butuh bekal. Kalau di padang pasir dalam keadaan panas dan berpasir, tiba-tiba kita melihat sesuatu oase. Ramadan adalah oase kehidupan yang dibutuhkan oleh kita. Menyambut Ramadan sama seperti melihat oase dalam kehidupan kita," kata Bonni dalam talk show sesi II bertema Habis Gelap Terbitlah Ramadan di Masjid Raya Bogor, Jalan Pajajaran Nomor 10, Bogor, Minggu (14/6/2015),. Talk show tersebut merupakan rangkaian acara Jejak Sajadah Ramadan.

Dia menambahkan, umat muslim patut bergembira dalam menyambut datangnya Ramadan karena bulan yang dimuliakan Allah SWT. "Ramadan itu 'hudan' yaitu petunjuk. Ditambah malam diturunkannya Alquran," ucapnya.

Selain itu, pahala berlipat dijanjikan Allah SWT. Allah SWT menjanjikan pada umat Islam yang menjalankan pahala sunah maka ganjarannya seperti pahala ibadah wajib. "Melaksanakan pahala wajib maka pahalanya 70 kali dari pahala wajib di bulan biasa."

Keutamaan Ramadan lainnya yaitu dibukanya pintu-pintu surga, tertutupnya pintu neraka, serta dibelenggunya setan-setan yang mengganggu umat muslim yang sedang beribadah.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3431 seconds (0.1#10.140)