Ingin Lancar Berpuasa? Penderita Maag Harus Lakukan Ini

Senin, 22 Juni 2015 - 14:26 WIB
Ingin Lancar Berpuasa? Penderita Maag Harus Lakukan Ini
Ingin Lancar Berpuasa? Penderita Maag Harus Lakukan Ini
A A A
JAKARTA - Salah satu penyebab munculnya penyakit maag adalah pola makan yang salah. Karena itu, banyak penderita maag yang mengkhawatirkan kesehatan lambungnya selama menjalankan ibadah puasa.

Namun, jika penderita maag mampu mengatur pola makan secara baik dan benar, hal ini tidak menjadi masalah. Menurut dr Rizal Al Idrus, penderita maag harus menjaga pola makan yang baik.

"Kalau kita jaga pola makan yang baik, tidak akan ada masalah. Intinya, pola makan yang seimbang dan konsultasi juga dengan dokter pribadinya," kata Rizal di Artotel, Jakarta.

Rizal menyarankan, penderita maag sebaiknya menghindari mengonsumsi obat penghilang rasa sakit agar tetap dapat menjalankan puasa yang sehat.

"Penderita maag sebaik mungkin menghindari obat-obatan lain, karena obat-obatan penghilang rasa sakit bisa meningkatkan asam lambung," jelasnya.

Sementara, untuk pola makan dan minum, hindari mengonsumsi gula atau karbohidrat berlebihan karena dua hal itu bisa menyebabkan kantuk lebih cepat. "Kalau ngantuk, konsentrasi dan stamina akan menurun," ujarnya.

Terakhir, Rizal menambahkan agar penderita maag mengonsumsi suplemen. "Dibutuhkan tambahan suplemen karena banyak sekali zat-zat gizi mikronutrisi yang tidak terpenuhi saat sahur atau berbuka," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6568 seconds (0.1#10.140)