Buka Puasa, Bukan Balas Dendam Santap Makanan

Rabu, 24 Juni 2015 - 08:43 WIB
Buka Puasa, Bukan Balas Dendam Santap Makanan
Buka Puasa, Bukan Balas Dendam Santap Makanan
A A A
Setelah menahan lapar dan haus seharian, berbuka puasa kerap dijadikan ajang "balas dendam". Berbagai jenis makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi pun dikonsumsi tanpa terkontrol.

Namun sayangnya, hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Pasalnya, kadar gula yang tinggi dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Sementara, jika dibiarkan akan menyebabkan diabetes.

"Begitu juga dengan minuman manis, yang akan disimpan sebagai cadangan lemak. Jika dibiarkan akan menyebabkan penumpukan lemak di hati," papar pakar gizi Dr Tirta Prawita Sari MSc SpGK di Jakarta.

Meski membutuhkan glukosa saat berpuasa, namun sebaiknya mengonsumi gula dengan kadar kalori yang rendah. "Buka puasa itu bisa konsumsi green smoothies karena kadar gulanya rendah," papar penulis buku Green Smoothies, Nectaria Ayu.

Green Smoothies juga dapat menjadi solusi mudah untuk mengonsumsi sayuran. Berbeda dengan jus, green smoothies mengandung banyak serat. Untuk mengkonsumsinya, Ayu menyarankan disaat perut yang masih kosong.

"Sebaiknya konsumsi green smoothies saat perut kosong. Lalu dilanjut makan sayur lainnya satu sampe dua jam," pungkasnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5451 seconds (0.1#10.140)