Hindari Makanan Pedas dan Asam

Jum'at, 26 Juni 2015 - 10:17 WIB
Hindari Makanan Pedas dan Asam
Hindari Makanan Pedas dan Asam
A A A
Puasa baik dan bermanfaat bagi kesehatan. Puasa dalam agama islam memiliki ciri khas tersendiri dari setiap rangkaiannya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RS Sentra Medika Depok Dr. Deni Kriscahoyo, Sp.PD, FINASIM memberikan banyak penjelasan seputar manfaat berpuasa bagi kesehatan.

Puasa pada hakekatnya menyimpan cadangan energi 8-10 jam dan penyerapan gizi 85 %.

Masyarakat yang menjalankannya pun diminta untuk menyegerakan berbuka dan mengakhiri sahur. Deni menambahkan saat berbuka puasa disarankan untuk minum cukup dan memilih makanan yang mudah dicerna.

"Sayur dan buah berserat tinggi disarankan," katanya, Selasa (23/6/2015).

Deni juga memberi saran agar memilih makanan yang manis seperti kurma saat berbuka. Makanan pedas dan asam juga sebaiknya dihindari.

"Hindari makanan pedas dan asam, hindari air terlalu dingin atau terlalu panas, dan mulai dengan porsi yang kecil," jelasnya.

Berbagai manfaat puasa dari segi kesehatan juga dapat diperoleh bagi setiap orang yang menjalankannya. Pola makan dan minum tentu jadi lebih terjadwal.

"Diet lebih baik, istirahat, kadar gula darah kolesterol trigliserida serta asam urat menurun, awet muda, panjang umur, perbaikan pola makan yang sebelumnya tiga kali menjadi dua kali, dan turunnya kalori 20%," tutup Deni.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5830 seconds (0.1#10.140)