Pengusaha Bus Diminta Buka Loket di Terminal Mangkang

Kamis, 25 Juni 2015 - 18:13 WIB
Pengusaha Bus Diminta Buka Loket di Terminal Mangkang
Pengusaha Bus Diminta Buka Loket di Terminal Mangkang
A A A
SEMARANG - Pengusaha bus diminta mendirikan loket di Terminal Mangkang selama arus mudik-balik Lebaran. Hal ini demi memberikan kenyamanan kepada pemudik yang setiap tahun menjalankan rutinitas itu.

Hal itu dikatakan Kepala UPTD Terminal Mangkang Semarang Joko Umboro Jati saat dikonfirmasi, Kamis (25/6/2015). Menurut Joko, pihaknya sudah menyosialisasikan kepada pengusaha bus terkait kebijakan tersebut.

"Kami sudah menjalin kerja sama dengan pengusaha bus agar mendirikan perwakilan loket di Terminal Mangkang. Efektifnya mulai 5 Juli bulan depan mulai berjalan," kata dia.

Meski ada kebijakan itu, para agen tetap diberikan kebebasan menjual tiket di loket-loket luar terminal. Namun, mereka harus menyediakan angkutan untuk para penumpang karena bus menunggu di terminal.

"Kami saat ini sudah berkoordinasi dengan pihak Satlantas, bus antarkota antarprovinsi (AKAP) tidak boleh masuk kota karena menambah kemacetan, mereka diwajibkan untuk masuk tol."

Lebih lanjut Joko menambahkan, pihaknya saat ini juga bersiap melayani pemudik dengan memperbaiki infrastruktur yang ada di terminal tersebut. Salah satunya adalah dengan pembenahan jalan, ruang tunggu, hingga ruang jalur keberangkatan.

"Prediksinya, arus mudik tahun ini yang turun di Terminal Mangkang akan mengalami kenaikan sebesar 5 persen. Dari data yang ada tahun 2013 tercatat sebanyak 122.026 pemudik, sementara tahun 2014 naik menjadi 128.127 pemudik. Perkiraannya tahun ini akan kembali naik."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6264 seconds (0.1#10.140)