Waspadai Makanan Takjil Berbahaya

Jum'at, 26 Juni 2015 - 14:27 WIB
Waspadai Makanan Takjil Berbahaya
Waspadai Makanan Takjil Berbahaya
A A A
Hati-hati dengan makanan takjil. Di sejumlah daerah, belakangan kerap ditemukan makanan buka puasa yang mengandung zat berbahaya, seperti zat pewarna tekstil
Kamis (25/6/2015), Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Manado menemukan ratusan jajanan buka puasa yang mengandung zat pewarna tekstil (Rodhamin B).

Temuan tersebut langsung disita petugas untuk dimusnahkan, sementara penjual kue masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Razia makanan yang dilakukan di ruas Jalan Daan Mogot, Banjer, Manado tersebut dipimpin langsung Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan. Kandungan zat berwarna itu ditemukan pada salah satu jenis kue bernanama kue kuk.

“Sidak ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah kota atas banyaknya makanan buka puasa yang dijajakan oleh penjual di Bulan Ramadhan,” tandas Harley.

Kandungan zat pewarna pada kue kuk diketahui setelah diperiksa langdung BPOM dengan menggunakan laboratorium keliling dan hasilnya positif mengandung Rodhamin B.

Sebelumnya, Pemkab Jombang bersama BPOM Jombang juga menyita makanan buka puasa yang mengandung zat berbahaya di sejumlah pasar tradisional Kota Jombang. Dari sidak tersebut, petugas gabungan tersebut menyatakan makanan seperti cincau, ikan laut, terasi, kerupuk, mengandung formalin.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8977 seconds (0.1#10.140)