Lezatnya Masakan Ayam Cabai dan Serai

Minggu, 28 Juni 2015 - 10:09 WIB
Lezatnya Masakan Ayam Cabai dan Serai
Lezatnya Masakan Ayam Cabai dan Serai
A A A
Untuk menyiapkan santap sahur tentu dibutuhkan menu makanan yang simple namun tetap lezat dan menyehatkan. Ayam adalah salah satu bahan makanan yang cukup mudah diolah dan sangat digemari oleh setiap orang.

Jika bosan dengan menu ayam goreng yang itu-itu saja, berikut resep Ayam Masak Cabai dan Serai dari BBC yang dapat Anda coba dirumah.

Bahan-bahan:

2 batang serai, cincang halus

1 buah abai merah besar, cincang halus

2 siung bawang putih, kupas dan cincang halus

1 sdm kecap ikan

350g daging paha ayam, potong sesuai selera

1 sdm minyak bunga matahari (atau minyak zaitun)

100ml kaldu ayam

1 sdm gula pasir

1 bh brokoli, potong kuntumnya

Daun mint segar, daun kemangi dan daun ketumbar untuk hiasan, cincang halus

Nasi putih sebagai pelengkap

Cara membuat:

Campurkan serai, cabai, bawang putih, dan kecap ikan kedalam mangkuk. Tempatkan daging ayam dalam mangkuk lain dan tambahkan setengah campuran serai tadi, sisihkan. Tutup dan tempatkan di lemari es agar bumbu meresap, setidaknya selama 20 menit.

Panaskan minyak dalam wajan di atas api besar. Tambahkan sisa campuran serai dan tumis selama sekitar satu menit hingga harum. Kemudian tambahkan ayam yang telah dibumbui tadi dan tumis selama 4-5 menit, atau sampai potongan ayam berwarna cokelat keemasan di seluruh sisi. Tambahkan brokoli dan tumis sebentar lagi.

Tuang kaldu ayam ke dalam wajan berisi ayam, tambahkan gula pasir. Didihkan selama beberapa menit sampai air berkurang dan berubah menjadi saus yang kental. Setelah matang, angkat dan sajikan dengan nasi putih. Jangan lupa untuk menghiasnya dengan taburan daun mint, daun kemangi, dan daun ketumbar.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5437 seconds (0.1#10.140)