Ratusan Relawan Siap Bantu Pemudik

Senin, 06 Juli 2015 - 13:23 WIB
Ratusan Relawan Siap Bantu Pemudik
Ratusan Relawan Siap Bantu Pemudik
A A A
KARANGANYAR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar bakal menyiapkan empat posko pelayanan untuk para pemudik. Posko itu disebar di sejumlah titik strategis Kabupaten Karanganyar.

Kepala BPBD Karanganyar Nugroho menyebutkan, titik-titik yang akan didirikan posko pelayanan itu di antaranya adalah Kebakramat, Karanganyar, Ngargoyoso, dan Cemoro Kandang Tawangmangu. Posko tersebut akan dilengkapi fasilitas-fasilitas penunjang seperti rest area, tempat makan, tempat ibadah, dan tempat parkir yang luas.

Fasilitas penunjang itu bisa digunakan oleh para pemudik yang melintasi kawasan-kawasan tersebut. Dengan demikian, para pengguna jalan bisa terhindar dari kecelakaan karena kurangnya istirahat dan juga kelelahan saat berkendara selama mudik ke kampung halaman.

"Ini memang sengaja kita siapkan untuk para pemudik, kita lengkapi fasilitasnya agar para pemudik semakin dimudahkan saat beristirahat di Posko BPBD," ucap Nugroho kepada KORAN SINDO, Senin (6/7/2015).

Dia menambahkan, posko pelayanan mudik tersebut akan melibatkan ratusan relawan dari berbagai komunitas di Karanganyar, seperti Karanganyar Emergency, Komunitas Relawan Kebakramat, Komunitas Relawan Gunung Lawu, serta beberapa komunitas relawan lainnya yang selama ini bersinergi dengan BPBD dan Pemerintah Kabupaten Karanganyar.

Relawan itu memiliki sejumlah kemampuan yang bisa bermanfaat bagi para pengguna jalan yang kesusahan. Misalnya, kemampuan bengkel, kemampuan tambal ban, dan bahkan ada relawan yang memiliki kemampuan khusus seperti pijat dan pertolongan pertama pada kecelakaan (PPPK).

"Yang memiliki kemampuan khusus sudah kami instruksikan untuk mempersiapkan semua peralatannya, yang terpenting semua bisa membantu kelancaran arus mudik dan arus balik mendatang."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3537 seconds (0.1#10.140)