Pemudik Waspadai Penyakit Ini

Selasa, 07 Juli 2015 - 12:02 WIB
Pemudik Waspadai Penyakit Ini
Pemudik Waspadai Penyakit Ini
A A A
JAKARTA - Agar mudik terasa aman dan nyaman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kesehatan. Pasalnya, perjalanan yang panjang kerap membuat pemudik berisiko mengalami masalah kesehatan.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengungkapkan, beberapa masalah kesehatan yang mengintai pemudik adalah keracunan makanan, infeksi saluran pernapasan atasan (ISPA), diare hingga penyakit tidak menular, seperti hipertensi, diabetes millitus, dan asma.

"Sebaiknya pemudik diminta memeriksakan diri sebelum melakukan perjalanan mudik. Selama perjalanan pemudik juga jangan tergoda tawaran orang yang tak dikenal," papar Nila di Jakarta.

Nila pun menyarankan agar pemudik memperhatikan asupan makanan. Menurutnya, pemudik tidak dianjurkan mengonsumsi makanan sembarangan. "Pemudik jangan sembarangan menyantap setiap makanan di jalur mudik. Karena belum terjamin kesehatannya," ujarnya.

Nila menegaskan, agar dapat bertemu sanak saudara di kampung halaman pemudik diharuskan sehat sebelum melakukan perjalanan.

"Jangan lupa untuk menyuci tangan setiap habis beraktivitas. Karena fisik biasanya menurun ketika mudik, calon pemudik harus sehat sebelum dan ketika mudik," tandasnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3447 seconds (0.1#10.140)