Opor Ayam, Menu Lezat saat Lebaran

Kamis, 09 Juli 2015 - 16:43 WIB
Opor Ayam, Menu Lezat saat Lebaran
Opor Ayam, Menu Lezat saat Lebaran
A A A
Hari Raya Idul Fitri akan tiba sebentar lagi. Opor ayam merupakan masakan khas yang biasa dihidangkan pada saat Lebaran.

Membuat opor ayam tidaklah sulit, namun ada beberapa hal yang mungkin sering terlewatkan. Berikut 5 tips dalam membuat opor ayam yang dilansir dari Royco.

1. Siapkan ayam segar utuh dan potong-potong sesuai bagian. Anda dapat menggunakan ayam negeri ataupun ayam kampung sebagai pilihan, namun biasanya ayam kampung akan menghasilkan opor dengan cita rasa yang lebih istimewa.

2. Haluskan bumbu-bumbu utama, yakni bawang merah, bawang putih, pala, kemiri, ketumbar, jinten, dan lain-lain hingga menjadi pasta bumbu berwarna putih.

3. Tumis bumbu halus di dalam panci dengan api sedang hingga harum, lalu tambahkan air. Masukkan ayam dan masak hingga mendidih.

4. Siapkan santan segar. Jika tidak sempat membuat santan segar sendiri, Anda dapat menggunakan santan cair kemasan yang mudah ditemui di pasar modern. Jika ingin menggunakan santan cair kemasan, Anda dapat langsung menggunakannya tanpa perlu tambahan air agar hasil kuah opor lebih kental dan gurih.

5. Setelah campuran air dan bumbu halus tadi mendidih, masukkan santan perlahan-lahan. Lalu aduk-aduk hingga santan dan air tercampur. Masak hingga ayam matang dan kuah opor mengental. Jangan lupa tambahkan batang serai, daun jeruk, dan daun salam serta Royco rasa Ayam agar Opor Ayam Anda lebih lezat dan menggugah selera.a
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3287 seconds (0.1#10.140)