Tarekat Naqsabandiyah Besok Lebaran

Rabu, 15 Juli 2015 - 12:33 WIB
Tarekat Naqsabandiyah Besok Lebaran
Tarekat Naqsabandiyah Besok Lebaran
A A A
PADANG - Jamaah Tarekat Naqsabandiyah, di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), memutuskan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 H, jatuh pada Kamis 16 Juli 2015 besok, dan nanti malam, usai berbuka mereka akan melakukan takbiran.

Menurut Pimpinan Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Sumatera Barat Mursyid Syafri Malin Mudo, penetapan awal hari raya tersebut dilakukan melalui metode hisab dengan cara menghitung 30 hari sejak awal puasa.

“Kami sudah tetapkan hari Lebaran jatuh pada hari Kamis 16 Juli besok, dan nanti malam kami sudah mulai takbiran,” katanya, kepada wartawan, Rabu (15/7/2015)

Naqsabandiyah di Sumatera Barat sudah berpuasa sejak 16 Juni 2015 atau dua hari lebih cepat dari keputusan pemerintah. Meski beda bagi jamaah ini, menurut Syafri, penghitungan 1 Syawal berdasarkan kalender dengan metode hisab Munjid.

“Kami hanya bersumber dari kitab Munjid yang dipercayai jamaah Naqsabandiyah secara turun menurun. Bahkan dengan metode ini, kami sudah bisa mengetahui 1 Syawal tahun depan,” ungkapnya.

Menurut Buya Firi, panggilan akrab Mursyid Syafri Malin Mudo, pengikut Tarekat Naqsabandiyah di Sumbar ini tersebar di daerah lain, selain di Padang, seperti, Kabupaten Solok Selatan, Pesisir Selatan, dan Solok.

“Kami takbiran hanya di dalam masjid dan surau, tanpa adanya tradisi pawai,” ucapnya.

Untuk di Padang saja, sambung Buya Firi, ada sekira 50 an masjid dan surau (musala) yang tersebar di pinggir kota, seperti Kecamatan Pauh, Lubuk Kilangan, dan Lubuk Begalung.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3733 seconds (0.1#10.140)