Menteri Agama Tetapkan 1 Syawal Jatuh 17 Juli

Kamis, 16 Juli 2015 - 19:34 WIB
Menteri Agama Tetapkan 1 Syawal Jatuh 17 Juli
Menteri Agama Tetapkan 1 Syawal Jatuh 17 Juli
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama telah selesai menggelar sidang isbat penentuan 1 Syawal 1436 Hijriah. Sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) RI bersama sejumlah ormas Islam, bersepakat 1 Syawal 1436 H jatuh pada esok hari, Jumat 17 Juli 2015.

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin mengatakan, keputusan bersama dapat diambil setelah forum sidang isbat mendengarkan laporan dari petugas pemantau hilal di sejumlah titik di Indonesia. Dari pantauan tersebut, ada petugas di empat titik yang dapat melihat hilal.

"Dalam sidang isbat kami dapat laporan dari penglihatan hilal, ada empat tempat yang berhasil lihat hilal. Bukit Condrodipo, Gresik, ada lima saksi dan sudah disumpah. Tanjung Kodok, Lamongan, Jawa Timur, sudah disumpah. Brojonegoro, dilakukan oleh Camat, Wakil Bupati, keduanya disumpah hakim agama. Dan, terakhir di Kepulauan seribu," kata Lukman dalam konferensi pers di Gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (16/7/2015) petang.

Berdasarkan pantauan tersebut, Lukman mengatakan, forum sidang isbat akhirnya menyepakati malam ini sudah masuk tanggal 1 Syawal 1436 Hijriah.

"Dengan demikian, seluruh umat islam akan bersama-sama memasuki 1 Syawal, dan sama-sama melakukan salat id besok pagi," kata Lukman.

Dalam kesempatan itu, Lukman juga mengimbau kepada masyarakat agar dapat menjalankan takbir dengan tertib serta tidak menganggu ketertiban umum.

"Karena malam ini malam takbir, maka diharapkan bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya, takbiran bisa dilakukan dengan menjaga ketertiban. Kalau konvoi harus bisa tertib dan jangan ganggu ketertiban, dan jangan terlalu larut karena yang penting adalah besok salat Id," katanya.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6337 seconds (0.1#10.140)